Yudo Margono, Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi yang Didukung Prabowo

Laksamana TNI Yudo Margono.
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimPresiden Jokowi secara resmi mengirim surat ke DPR terkait pergantian Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Jokowi menyodorkan nama Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. 

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

Surat tersebut langsung diterima Ketua DPR RI Puan Maharani di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta. 

"Yang diusulkan Presiden Jokowi menggantikan Panglima TNI Andika Perkasa adalah siapa ya? Ini sesuai yang ada di surat ya, adalah Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Yudo Margono," ungkap Puan Maharani dikutip dari VIVA, Selasa 29 November 2022. 

Presiden Jokowi bakal Hadiri Puncak Peringatan Otda di Surabaya

Seperti diketahui, posisi Panglima TNI bakal diganti oleh pejabat baru karena Jenderal Andika Perkasa selaku Panglima TNI saat ini tak lama lagi akan memasuki masa pension. Dari semua jenderal yang ada, Jokowi memilih Yudo Margono. 

Puan mengungkapkan, Yudo Margono memiliki kinerja yang luar biasa, nasionalisme, rasa cinta Tanah Air, dan prestasi lainnya karena itu dipilih Jokow. Selain itu, putri Megawati tersebut menilai bahwa Yudo Margono telah memenuhi segala persyaratan untuk menjadi Panglima TNI.

Kata Jokowi Soal MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar

Rupanya, pilihan Jokowi tersebut didukung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. "Saya kira jelas beliau (Yudo Margono) mampu kalau dipilih ya, saya kira mampu, semuanya baik-baik semua. Ya saya kira Presiden pada saatnya dan DPR akan menentukan yang terbaik" kata Prabowo usai menghadiri acara Ideafest 2022 di Jakarta Convention Center

Pengamat Militer Khairul Fahmi menilai Yudo Margono merupakan pilihan yang tepat untuk menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang akan pensiun pada 21 Desember 2022 mendatang. 

Halaman Selanjutnya
img_title