Tahun Baru Semangat Baru, Baca Doa Ini untuk Keberkahan Hidup

Ilustrasi orang berdoa
Sumber :
  • U-Report/Viva.co.id

Jatim – Tahun baru identik dengan semangat yang baru. Di setiap momen pergantian tahun pastilah mengenang dan mengevaluasi peristiwa apa saja yang terjadi selama satu tahun sebelumnya. Termasuk juga keinginan apa saja yang belum terwujud di tahun itu. Dari situ setiap insan pasti mencari titik lemah dan segala sebab terhambatnya segala keinginan untuk kemudian diperbaiki di tahun mendatang. 

Komika Ternama Kiky Saputri Hamil Anak Pertama

Datangnya tahun baru kerap kali dijadikan satu momentum untuk mengupayakan nasib hidup yang jauh lebih baik lagi. Namun selain berbentu usaha atau ikhtiar, yang tak kalah penting adalah memulai awal tahun dengan membaca doa sesuai tuntunan agama Islam. Membaca doa awal tahun merupakan ajaran dalam Islam, sebab awal yang baik akan menentukan akhir yang baik pula. Demikian pula sebaliknya. 

Meski dalam khazanah keilmuan dan ajaran Islam tidak secara lansung diajarkan mengenai doa awal tahun versi kalender Masehi, namun umat Islam juga tentu saja bisa mengamalkan doa awal tahun Hijriah dengan tujuan yang sama yakni untuk kebaikan hidup yang kian meningkat. 

Tiup Terompet Ajaran Yahudi, UAS Minta Perayaan Tahun Baru Diganti Muhasabah

Dilansir dari laman NU Online, berikut ini doa awal tahun yang bisa dibaca dengan harapan agar Allah menganugerahkan rahmat-Nya, lindungan, kesehatan, keharmonisan, keselamatan, kelapangan rezeki, jodoh, karir, wafat husnul khatimah dan kebaikan-kebaikan lainnya. 

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Ombak Kecil Jadi Alasan Wisatawan Pilih Pantai dekat JLS Trenggalek-Tulungagung

Artinya: "Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan."

Doa awal tahun tersebut dibaca sebanyak 3 kali. Senantiasa berharap melalui ikhtiar dan disertai doa segala asa dan keinginan yang belum terwujud di tahun sebelumnya dapat terwujud di tahun ini, serta dapat meraih kehidupan yang jauh lebih baik.