Jangan Lupa, Begini Manfat Serat Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi makanan berserat
Sumber :
  • Viva

JatimManfaat serat untuk tubuh kita sangatlah banyak. Sebagai contoh membantu mencegah sembelit, kesehatan usus, mengurangi resiko penyakit jantung, mengatur berat badan, hingga diabetes tipe 2. 

Dipecundangi dengan Skor 1-0, Shin Tae-yong Tetap Puji Permainan Australia

Selain itu, makan makanan berserat juga bermanfaat bagi orang yang yang sedang menjalani diet sehat. Selain itu mengurangi risiko kondisi kesehatan kronis. Serat sebagian besarnya terdapat pada sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Lantas, apa saja manfaatnya? Begini penjelasan yang kami kutip dari VIVA pada Jumat 26 Mei 2923, berikut ini manfaat serat bagi tubuh dan kesehatan. 

1. Menjaga Kesehatan Usus

Tak Perlu Panik, Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura

Manfaat serat selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan usus. Makan makanan yang cukup serat dapat mencegah atau meredakan sembelit, membantu limbah bergerak dengan lancar ke seluruh tubuh dan juga mendorong mikrobiota usus yang sehat. 

Serat makanan meningkatkan dapat melancarkan buang air besar, membantu mendorong pergerakan usus secara teratur, dan mengurangi waktu yang dihabiskan limbah di dalam usus. Dengan asupan serat, dapat mengurangi risiko seseorang terkena kanker kolorektal.

Omzet Transaksi Game Online di Loket Tradisional Naik 5 Kali Lipat Selama Libur Lebaran

2. Melindungi dari Resiko Penyakit Jantung

Selama beberapa dekade terakhir, peneliti telah meneliti efek serat makanan terhadap kesehatan jantung, salah satunya termasuk mencegah penyakit kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah.

Halaman Selanjutnya
img_title