Suara Misterius dari Perut Bumi Muncul di Sumenep, Berikut Deretan Fenomena Serupa di Indonesia

Ilustrasi suara rekaman
Sumber :
  • Viva

JatimSuara misterius belum lama ini menghebohkan warga Sumenep, Jawa Timur, yakni di kecamatan Lenteng. Adapun penyebabnya belum diketahui kenapa dentuman misterius itu muncul. BMKG masih menggali penyebab dentuman tersebut.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Sebenarnya fenomena alam tersebut tidak terjadi hanya sesekali terjadi di Indonesia. Di beberapa wilayah di Indonesia juga pernah terjadi dan mengagetkan masyarat. Viva Jatim merangkumnya terkait beberapa dentuman misterius yang pernah terjadi di Indonesia, dikutip dari VIVA, Senin 14 Agustus 2023.

1. Suara dentuman misterius di Sumenep – 2023

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

Belum lama ini, warga Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dikagetkan dengan dentuman misterius yang berasal dari perut bumi. Kejadian yang membuat warga panik tersebut terjadi pada Sabtu, 12 Agustus 2023 kemarin. 

Waspada! Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Sejumlah Wilayah Perairan Indonesia

Menurut ahli geologi dari Ikatan Geologi Indonesia, Handoko Teguh Wibowo, menjelaskan kemungkinan pertama penyebab suara dentuman misterius itu ialah aktivitas patahan sesar karena gaya tekan kerak bumi. 

Meski demikian, suara misterius tersebut masih didalami oleh tim dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG dan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, di lokasi. 

Halaman Selanjutnya
img_title