Mengenang Peristiwa Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Ir Soekarno saat membacakan teks proklamasi kemerdekaan
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA Jatim – Bangsa Indonesia kini tengah memperingati hari bersejarah, yakni Hari Kemerdekaan. Tepat pada 17 Agustus 1945, atau 78 tahun yang silam, Ir Soekarno didampingi Mohammad Hatta membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada pukul 10 pagi.

Mau Kuliah Gratis di Jepang Plus Uang Saku Rp12 Juta Perbulan? Buruan Daftar!

Kenangan ini pun terpahat dengan amat kuat bagi segenap bangsa Indonesia. Di mana perjuangan dan pengorbanan 3,5 abad lamanya merebut kemerdekaan akhirnya mampu diwujudkan.

Namun demikian, kemerdekaan tidaklah serta-merta didapat begitu saja. Ragam peristiwa dan perundingan antar pihak terjadi demikian alot. Hingga terjadi peristiwa Rengasdengklok sebelum proklamasi itu dilakukan.

Shin Tae Yong Angkat Bicara Ihwal Kekalahan Timnas Indonesia dari Jepang

Berikut ini kronologi peristiwa Rengasdengklok hingga detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia, dilansir dari VIVA, Kamis, 17 Agustus 2023.

Kala itu, Indonesia tengah dijajah oleh Jepang. Kemudian Jepang berjanji untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia di tanggal 24 Agustus 1945.

Qatar Tumbangkan China, Jadi Kabar Baik Buat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Tampak ingin memenuhi janjinya, pada tanggal 7 Agustus 1945 Marsekal Terauchi telah menyetujui pembentukan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Namun nahas, sehari sebelum pembentukan PPKI, Kota Hiroshima, Jepang, dijatuhi atom oleh Angkatan Udara Amerika Serikat yang diberi nama Little Boy. Amerika yang juga merupakan anggota pasukan Sekutu kembali melancarkan serangan bom atom kedua yang diberi nama Fat Man di Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945.

Halaman Selanjutnya
img_title