Mengenal Brigade Al-Qassam, Pasukan Elite Hamas yang Miliki Tugas Khusus

Brigade Al-Qassam Pasukan Elite Hamas
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimKonflik berkepanjangan Palestina dan Israel kembali menjadi sorotan dunia. Sejumlah negara-negara besar mulai turun tangan memberikan bantuan dan dukungan kepada keduanya. Sebab, konflik yang pecah disebut-sebut terparah sejak 50 tahun terakhir.

Di Sidang PBB, RI Gagas Hak Istimewa Palestina: Selangkah Lagi Anggota Penuh

Dilansir dari VIVA, Kamis, 12 Oktober 2023, Brigade Al-Qassam adalah sayap militer dari organisasi Hamas, yang beroperasi di wilayah Palestina, terutama di Jalur Gaza. Meskipun beberapa informasi tentang Brigade Al-Qassam mungkin lebih terkenal, ada beberapa fakta yang kurang diketahui tentang mereka.

Berikut adalah 5 fakta yang jarang diketahui tentang Brigade Al-Qassam

Israel Serang Kota Rafah Gaza, PBB: Tak Dapat Ditoleransi, Hentikan Genosida!

Sejarah Panjang

Brigade Al-Qassam didirikan pada tahun 1991, namanya diambil dari Sheikh Izzuddin al-Qassam, seorang pemimpin perlawanan Palestina yang berperang melawan pendudukan Inggris dan Zionis di Palestina pada tahun 1930-an. Namun, kelompok ini telah ada sejak awal 1980-an, tetapi resmi diumumkan sebagai sayap militer Hamas pada tahun 1991.

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Terorisme dan Perlawanan

Brigade Al-Qassam dikenal karena melancarkan serangan terorisme dan serangan roket terhadap target Israel, tetapi banyak anggota kelompok ini juga terlibat dalam kegiatan perlawanan yang lebih luas, seperti bantuan kemanusiaan, pembangunan infrastruktur, dan pendidikan di Gaza.

Halaman Selanjutnya
img_title