Lebanon Mencekam Seusai Serangan Bom Pager, 9 Meninggal dan 2.750 Terluka

Orang-orang berkumpul di luar Pusat Medis Universitas Amerika Beirut (AUBMC) usai ledakan.
Sumber :
  • Routers

Lebanon, VIVA Jatim –Serangkaian ledakan pager di Lebanon menyebabkan setidaknya sembilan orang tewas dan sekitar 2.750 orang terluka pada Selasa 17 September 2024 kemarin.

Ban Meledak, Tukang Tambal di Mojokerto Alami Luka Serius

Menteri Kesehatan Lebanon Firass Abiad menyebut kejadian ini sebagai “insiden yang sedang berlangsung” dan berharap dapat memberikan “angka dan informasi yang lebih akurat seiring waktu”.

Berbicara kepada Al Jazeera, Firass Abiad menjelaskan bahwa sebagian besar korban mengalami cedera di wajah, terutama di mata, serta di tangan dan perut.

MUI Minta Masyarakat tidak Kendor Boikot Produk Berafiliasi dengan Israel

Abiad juga mengungkapkan bahwa Lebanon telah “mengaktifkan kembali” pusat operasi darurat kesehatan publiknya setelah konflik antara Israel dan Gaza dimulai lebih dari sebelas bulan yang lalu.

“Kami telah melakukan latihan dan menyiapkan rencana penanggulangan bencana bersama rumah sakit dan mitra di sektor kesehatan,” ujarnya.

Oknum PNS Mojokerto Tipu Tetangga Rp 160 Juta Dituntut 2,5 Tahun Penjara

Meskipun penyebaran korban luka cukup luas, meliputi Beirut, pinggiran selatan, selatan, dan Bekaa, Firaas Abiad menekankan bahwa rumah sakit mampu menangani pasien dengan baik, sehingga tidak ada satu pun rumah sakit di negara ini yang kewalahan.