Cerita Menarik Asal-usul Singkatan MD di Belakang Nama Mahfud Cawapresnya Ganjar

Mahfud MD dan lukisan almarhum Gus Dur
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimPDIP resmi memilih Mahfud MD sebagai bakal cawapres mendampingi Ganjar Pranowo. Begitu diumumkan, masyarakat, termasuk netizen, pun mencari tahu latar belakang kehidupan Menkopolhukam tersebut, sejak kecil hingga sekarang. Termasuk soal singkatan MD yang tertulis di belakang nama Mahfud.

Golkar Siapkan Menantu Pakde Karwo Jadi Penantang Eri Cahyadi di Pilwali Surabaya

Mahfud MD dilahirkan di Sampang, Madura, Jawa Timur, pada hari Senin, 13 Mei 1957, dari rahim Siti Khadijah, istri dari Mahmodin. Saat itu, Mahmodin dan istrinya tengah berdinas sebagai pegawai negeri di Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang. Begitu lahir, bayi itu diberi nama Mohammad Mahfud.

Merujuk pada buku Biografi Mahfud MD; Terus Mengalir karya Rita Triana Budiarti yang dibaca VIVA Jatim pada Rabu, 18 Oktober 2023, singkatan MD pada nama Mahfud bermula ketika mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu sekolah di Pendidikan Guru Agama (PGA) di Kabupaten Pamekasan pada tahun 1970-an. 

Pilwali Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji Resmi Daftar ke PDIP

Di kelas, nama Mahfud ternyata tidak hanya seorang saja. Ada tiga. Sehingga setiap kali guru mengabsen, tiga murid bernama Mahfud mengacung bersamaan. Karena membuat bingung, guru kemudian menawarkan solusi agar ketiga murid bernama Mahfud itu menambahkan huruf abjad di belakangnya: Mahfud A, Mahfud B, dan Mahfud C.

Mahfud yang sekarang jadi cawapresnya Ganjar saat itu mendapatkan jatah nama Mahfud B. Seminggu kemudian, guru tersebut merasa kurang sreg dengan nama-nama yang diterai dengan huruf abjad di belakang. “Seperti nomor-nomor becak,” kata sang guru dikutip dari buku tersebut.

Giliran PDIP dan PKB Disambangi Ketua Gerindra, Bentuk Koalisi Besar di Pilkada Gresik 2024

Maka solusi lain ditawarkan. Sang guru meminta tiga murid bernama Mahfud menabalkan nama belakang dengan nama ayah mereka. Jadilah Mahfud Musyaffa, Mahfud Mahmodin, dan Mahfud Hasan Basri. Mahfud yang sekarang jadi Menkopolhukam saat itu adalah Mahfud Mahmodin.

Masalahnya, Mahfud Mahmodin kurang senang dengan nama itu karena kurang bagus. Kurang keren. Mahfud lalu menyampaikan usul kepada gurunya. “Bagaimana kalau nama Mahmodin disingkat MD saja?.”

Halaman Selanjutnya
img_title