Penjelasan Ilmiah soal Wanita Lebih Cepat Dewasa Dibanding Pria

Ilustrasi wanita idaman pria
Sumber :
  • VIVA.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Sejumlah penelitian ilmiah membuktikan bahwa perkembangan antara laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan yang signifikan. Bahkan perempuan lebih cepat dewasa dibandingkan pria. Baik dalam hal kematangan fisik, emosional dan kognitifnya tumbuh lebih cepat daripada pria.

Perempuan Asal Probolinggo Tewas Disambar Kereta Api di Surabaya

Dikutip dari VIVA, Selasa, 9 Januari 2024, berikut sepuluh pengamatan ilmiah yang mendukung gagasan bahwa wanita cenderung lebih cepat dewasa:

Perkembangan otak

3 Srikandi Freeport Berbagi Tips Kerja dan Keluarga saat Peringati Hari Kartini

Penelitian yang menggunakan teknik neuroimaging menunjukkan bahwa otak wanita umumnya mencapai kematangan lebih awal dibandingkan otak pria.

Korteks prefrontal, yang bertanggung jawab untuk pengambilan keputusan dan pengendalian impuls, berkembang lebih cepat pada anak perempuan selama masa remaja.

Kemenkumham Jatim Lepas 44 Taruna Poltekip Lakukan Penelitian di 18 UPT Pemasyarakatan

Hal ini juga dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of California, Berkeley, yang menemukan bahwa wanita mencapai puncak massa otaknya pada usia 22 tahun, sedangkan pria mencapai puncak massa otaknya pada usia 25 tahun.

Pubertas

Anak wanita biasanya mengalami pubertas lebih awal dibandingkan anak laki-laki. Tonggak sejarah fisik ini mewakili permulaan kematangan seksual dan sering kali bertepatan dengan perubahan emosional dan kognitif.

Halaman Selanjutnya
img_title