Menikmati Kelezatan Kurma Ajwa dan Sukkari yang Kaya Manfaat bagi Tubuh

Ilustrasi Kurma
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Bulan Suci Ramadan tidak bisa dilepaskan dari buah kurma. Keduanya menjadi bagian tak terpisahkan dalam ajaran agama. Rasulullah SAW sebagai panutan umat Islam menjadikan kurma sebagai menu pertama saat berbuka puasa. Itulah mengapa mengawali buka dengan kurma sangat dianjurkan.

Ustaz Adi Hidayat Sarankan Potong Kuku Begini

Seperti hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik: "Rasulullah SAW berbuka dengan kurma basah (ruthab) sebelum menunaikan salat. Jika tidak ada, beliau berbuka dengan kurma kering (tamr)”.

Rasulullah SAW juga mengajarkan untuk membatalkan puasa dengan makan kurma dan minum air. Di luar dari anjuran Rasulullah, kurma sendiri membawa banyak manfaat baik untuk kesehatan. 

Santapan Lebaran Bikin Naik Kolesterol? 6 Buah ini Bisa Bantu Netralkan Tubuhmu

Beberapa manfaatnya antara lain, mengembalikan energi saat buka puasa karena minim kandungan lemak, cukup serat dan tinggi karbohidrat. Selain itu, kurma juga tinggi akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Dua alasan di atas menjadi penyebab melonjaknya permintaan kurma di pasar Indonesia menjelang dan selama bulan Ramadhan. Terutama, kurma Ajwa dan Sukkari. Apa itu?

Umat Islam akan Jalani 2 Kali Ramadan dalam Setahun, Kapan Itu?

Dikutip dari VIVA, Sabtu, 17 Maret 2024, Finito Mansy, selaku Brand Manager Timur Tengah, menjelaskan Kurma Ajwa terkenal memiliki daging buah yang tebal dengan tekstur empuk dan legit.

“Dengan tekstur khas yang berkerut pada bagian luar, warna hitam pekat dan rasa tidak terlalu manis, Kurma Ajwa begitu lezat untuk dinikmati,” ujar Finito dalam keterangannya, dikutip Jumat 15 Maret 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title