Mengenal Starlink, Satelit Milik Elon Musk yang bakal Menerangi IKN Nusantara

Satelit Starlink
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hingga kini terus dibangun. Bahkan dikabarkan, perusahaan penyedia jasa telekomunikasi milik Elon Musk, Satelit Starlink bakal melakukan uji coba pada Mei 2024 mendatang. 

Tembus Pasar AS hingga Jepang, Batik Aromaterapi asal Madura Raup Banyak Hasil

Uji coba dilakukan di IKN Nusantara karena teknologi Starlink berbasis satelit, sehingga pengetesan harus dilakukan di daerah yang minim infrastruktur telekomunikasi.

Dikutip dari VIVA, Jumat, 19 April 2024, Starlink diharapkan bisa melayani daerah-daerah yang belum terjangkau jaringan kabel serat optik (fiber optic) di Indonesia

Tewas! Bule Amerika Terseret Arus Pantai Double Six Seminyak Bali

Starlink merupakan perusahaan telekomunikasi yang didirikan oleh Elon Musk melalui SpaceX. Starlink menawarkan layanan internet berkecepatan tinggi yang dijalankan melalui konstelasi satelit di orbit Bumi rendah (low-earth orbit/LEO).

Orbit rendah inilah yang menjadi keunggulan Starlink, bahkan diklaim lebih baik dari layanan broadband tradisional karena mampu menjangkau area yang lebih terpencil, namun tetap menjaga kecepatan tinggi internet.

Bahaya! Presiden Rusia Vladimir Putin Ancam Seret Negara Barat Perang Dunia III

Sejak diperkenalkan pada 2018, Starlink telah meluncurkan sekitar 5.000 satelit dengan menggunakan Roket Falcon 9 milik SpaceX.

Menurut situs resmi Starlink, layanan itu kini tersedia untuk pengguna rumahan di Indonesia dengan biaya berlangganan Rp750 ribu per bulan dan biaya perangkat keras sebesar Rp7,8 juta.

Halaman Selanjutnya
img_title