Spesialis Kulit dan Kelamin Beri Saran Masalah Kulit yang Rentan Dialami Wanita Hamil

Ilustrasi Hamil
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim- Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Pipim Bayasari, Sp.D.V.E., mengatakan ada beberapa masalah kulit yang paling banyak dialami oleh para wanita hamil

Tampil Menawan dengan Produk Perawatan Kulit yang Aman saat Lebaran

Pernyataan itu disampaikan dalam acara launching Gently Mama Care, di Senayan Park, Jakarta, Minggu 21 April 2024.

"Yang harus diketahui, saat hamil itu temporary 9 bulan. Terjadi perubahan hormonal, metabolik, dan imunologi yang sifatnya temporary. Itu normal," jelasnya 

Wanita Haid di Bulan Ramadan Tetap Bisa Raih Pahala, Lakukan 6 Amalan Ini

Menurutnya, hal ini patut diwaspadai agar tahu bagaimana cara pencegahannya sejak dini. Pertama adalah perubahan pada pigmen kulit. Terutama di area-area lipatan, kulit cenderung lebih mudah menghitam apabila kondisinya sangat kering.

Selain itu, wanita hamil juga rentan mengalami munculnya flek hingga stretch mark yang kebanyakan muncul di area perut dan paha. Bukan hanya masalah kulit, wanita hamil juga berisiko mengalami kerontokan rambut akibat kondisi hormonal yang tidak stabil. 

Ini Dia Titik Paling Sensitif Wanita menurut Seksolog, bikin Orgasme Lebih Greget!

"Biasanya, terjadi perubahan pigmen pada kulit di daerah kemaluan, ketiak, daerah payudara dan puting. Yang paling sering muncul adalah flek, garis kehitaman di bagian perut, rambut juga cenderung lebih mudah rontok," jelas dr. Pipim.

Selain kulit tubuh, wanita hamil juga sering kali mengeluhkan soal jerawat di bagian wajah. Meskipun wanita yang sebelum hamil terbilang jarang jerawatan, namun hal ini bisa dialami ketika sedang mengandung akibat gangguan di bagian kelenjar yang memproduksi jerawat. 

Halaman Selanjutnya
img_title