Konflik Mertua dan Menantu Kerap Terjadi, Begini Cara Bijak Menyikapinya

Ilustrasi mertua dan menantu
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Kehidupan rumah tangga tidak selalu berjalan mulus sebagaimana yang didambakan. Banyak cobaan dan rintangan yang datang. Mulai dari pasangan, mertua, keluarga hingga tetangga. Namun yang sering ditemukan adalah konflik mertua dan menantu

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Dikutip dari VIVA, Sabtu, 8 Juni 2024, konflik antara menantu dan mertua bisa dipicu berbagai hal. Mulai dari perbedaan cara dibesarkan dan zaman yang berbeda, membuat mertua dan menantu sering berselisih.

Tak hanya itu, perselisihan antara mertua dan menantu perempuan bisa terjadi lantaran sikap ibu mertua yang keterlaluan. Misalnya saja sering menjelek-jelekkan menantu perempuannya di hadapan orang lain atau bahkan mencari-cari kesalahan menantu perempuannya. 

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Lantas, bagaimana sikap kita sebagai menantu perempuan jika mertua berlaku demikian? Berikut penjelasan Mamah Dedeh, dikutip dari VIVA, Sabtu, 8 Juni 2024.

Terkait hal ini, Mamah Dedeh angkat bicara. Jika kita sebagai menantu perempuan mengalami hal demikian hal yang bisa dilakukan adalah dengan berbicara kepada suami terkait sikap sang ibu. Sebab, jika kita langsung mengungkapkan kepada ibu mertua, bukan tidak mungkin, ibu mertua semakin menjadi-jadi.

3 Langkah Kebijakan Ekonomi RI Antisipasi Dampak Konflik Iran-Israel

“Ngomongnya sama suami kita. Bang ‘emak ngomongnya begini begitu sama tetangga. Tolong dong omongin sama dia’. Kalau kita sebagai menantu ngomong langsung sama mertua, saya jamin dipites Anda,” ungkap Mamah Dedeh dalam acara siraman rohani yang dipandu Irfan Hakim, dikutip dari potongan video yang diunggah di akun TikTok, Kamis 6 Januari 2024. 

Sebagai menantu dan istri kata Mamah Dedeh, kita juga harus bisa berbicara dengan suami menggunakan kalimat yang tidak menyinggung perasannya.

Halaman Selanjutnya
img_title