5 Tips Mendidik Anak agar Tumbuh Cerdas dan Kreatif, Peran Ortu Penting

Ilustrasi anak sehat
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Setiap orang pasti mendambakan buah hatinya tumbuh kembang menjadi anak yang cerdas dan kreatif. Bukan hanya untuk kepentingan prestasi di sekolah, memiliki anak cerdas dan kreatif juga diyakini lebih memiliki masa depan yang cerah. 

Perhatikan! 5 Anggota Tubuh Anak yang Tidak Boleh Disentuh Kecuali hanya Orang Tua

Namun, penting untuk diingat bahwa kecerdasan merupakan hasil dari kombinasi berbagai faktor, bukan hanya ditentukan oleh satu faktor saja.

Untuk itu, simak beberapa faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak, dikutip dari VIVA, Rabu, 12 Juni 2024.

Orang Tua Harus Jadi Sosok Ideal, Ini 10 Langkah Mendidik Anak

1. Kenali Gaya Belajar Anak

Setiap anak memiliki cara belajar yang unik. Ada yang lebih mudah memahami informasi melalui pendengaran (auditori), penglihatan (visual), atau gerakan tubuh (kinestetik). Memahami gaya belajar anak dapat membantu orang tua dan guru dalam memilih metode pembelajaran yang paling efektif dan membantu anak mencapai potensi belajar mereka.

Pentingnya Sinergi Orang Tua dan Lembaga Pendidikan dalam Mendidik Anak

2. Budaya Membaca Sejak Dini

Membiasakan membaca sejak dini memiliki banyak manfaat bagi anak, baik untuk perkembangan kognitif, bahasa, maupun sosialnya. Beberapa manfaat membiasakan membaca pada anak adalah dapat membantu anak untuk belajar kosakata baru, struktur kalimat, dan memahami cara menggunakan bahasa secara efektif.

Halaman Selanjutnya
img_title