Asyiknya Bermain dengan Ikan Nemo di Pantai Gili Labak Sumenep

Ikan Nemo di Pulau Gili Labak Sumenep
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Kabupaten Sumenep terkenal dengan potensi wisatanya yang mempesona. Wajar bila kabupaten di ujung timur pulau Madura ini dijuluki ‘The Soul of Madura’ atau jiwanya Madura. Ya, Sumenep tak hanya kaya dengan sejarah dan seni kebudayaannya, namun juga memiliki serpihan-serpihan surga dunia yang begitu memukau, baik di daratan maupun kepulauan. 

15 Orang Pembuat Petasan di Sumenep Diringkus Kepolisian, Terancam 20 Tahun Penjara

Salah satu serpihan surga dunia itu ada di Pulau Gili Labak. Hamparan pasir putih yang luas dan air lautnya yang begitu jernih tentu menjadi pilihan bagi setiap wisatawan yang hendak mengisi liburan. Keelokan pulau dan pantainya yang eksotis menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun manca negara. Tak heran bila setiap tahunnya pengunjung ke pulau yang hanya dihuni 105 penduduk dengan 37 KK ini terus meningkat. 

Pulau Gili Labak terletak di bagian tenggara pulau Madura. Untuk bisa sampai ke pulai ini tidaklah sulit. Apalagi saat ini sudah tersedia moda transportasi udara dari Surabaya ke Sumenep dengan durasi perjalanan tak lebih dari satu jam saja. Dari Bandar Udara Trunojoyo Sumenep, tinggal melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Kalianget ke arah timur bandara sekitar 10 kilometer. 

Bagikan Voucher Takjil Gratis, PWRI Sumenep Dukung Bupati Fauzi Hidupkan Pelaku UMKM saat Ramadan

Sampai di pelabuhan tinggal menyewa perahu untuk menghantarkan pengunjung sampai di Pulau Gili Labak. Durasi perjalanan laut ini membutuhkan waktu hingga dua jam lebih. Setelah itu, dalam jarak sekitar 500 meter dari bibir pantai, pengunjung akan dimanjakan dengan panorama laut yang begitu memukau. Air lautnya yang jernih membuat terumbu karang terlihat dengan jelas dan ragam jenis biota laut. 

Pengelola wisata tidak akan memungut biaya apapun kepada pengunjung untuk bisa masuk ke pantai Gili Labak. Kecuali bila pengunjung hendak menggunakan berbagai jasa maupun wahana, seperti sewa alat snorkeling, toilet atau kamar mandi, hingga makanan dan minuman, harus membayar sesuai harga yang tersedia. 

Patut Ditiru, Program CSR Perusahaan Properti Ini Berupa Perbaikan Jalan di Sumenep

Salah satu keunggulan yang menjadi daya pikat tempat wisata yang satu ini adalah keramahan ikan-ikan nemo saat menyambut hangat kedatangan para pengunjung. Bila ingin menikmati asyiknya bermain dengan ikan nemo yang imut nan menggemaskan itu tinggal menyewa alat penyelam. Sangat cocok bagi yang punya hobi snorkeling atau diving. Menyelam di laut dengan terumbu karang yang masih asri sambil menyaksikan ikan-ikan nemo bermain dan diabadikan melalui foto, sungguh keindahan yang tak tertandingi bukan?

Selain menyaksikan keindahan panorama bawah laut, pengunjung juga bisa menikmati hamparan pasir di sekililing pantai yang instagrameble. Sangat cocok untuk spot foto, baik sendiri, bersama keluarga, kolega maupun istri dan anak tercinta. Pemandangan alamnya yang indah, hamparan pasir putih yang cerah, air birunya yang jernih di pantai Gili Labak ini menjadi latar belakang yang sempurna. 

Halaman Selanjutnya
img_title