Waspada, 4 Penyebab Mudah Lelah Menurut Ahli Kesehatan

Badan mudah lelah
Sumber :
  • Pixabay/Sweetlouise

Jatim – Kondisi seseorang yang terlalu sering mager perlu diwaspadai, hal itu ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Bisa jadi seseorang terlalu banyak beraktivitas serta kurang tidur sehingga tubuh menjadi lelah dan berakibat pada sering malas bergerak.

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Lelah bisa dikatakan normal apabila diatasi dengan tidur dan istirahat yang cukup. Namun apabila lelah yang berkepanjangan bisa jadi salah satunya adalah karena terdapat gangguan kesehatan. Apakah hal itu benar? mengutip dari ceritakita.viva.co.id, yuk kita cek fakta dan mitosnya dibawah ini.

1. Minuman Berenergi Buat Badan Mudah Lelah

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Kebanyak seseorang ketika merasakan lelah pada saat bekerja akan mengonsumsi suplemen, namun konon minuman berenergi dapat membuat seseorang cepat lelah.

Dr. Yongki Warigit DA, SpPD. Mkes, Spesialis Penyakit Dalam, menjelaskan minuman berenergi memang menyebabkan badan mudah lelah. 

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

"Itu fakta, minuman berenergi akan membuat tubuh kita menjadi cepat lelah. Minuman berenergi hanya akan memberikan dorongan energi yang sifatnya hanya sementara", jelasnya.

Kebanyakan minuman berenergi ternyata mengandung kafein dan gula yang tinggi, di mana kafein akan mengakibatkan peningkatan hormone kortisol di dalam tubuh. Sementara hormone kortisol dapat memberikan efek mudah lelah kepada seseorang serta rasa cemas.

Halaman Selanjutnya
img_title