Intip Program KBA Rungkut Surabaya: Gerakan Mematikan TV, hingga Pemilahan Sampah

Kegiatan Nurani Astra berbagi untuk negeri
Sumber :
  • Viva Jatim/Ahmad Fatoni

Surabaya, VIVA Jatim – Program 4 pilar yang diinisiasi oleh Kampung Berseri Astra (KBA) sudah dirasakan oleh warga kampung Rungkut Menanggal, Kecamatan Gunung Anyar, Kabupaten Surabaya. Program yang menjadi penyangga kesejahteraan itu meliputi bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan ekonomi.

KBA Kendalbulur Tulungagung Gali Potensi Desa Masyarakat Sejahtera

KBA Rungkut Menanggal Surabaya ini sudah berjalan sejak tahun 2022. Mereka mendampingi dan memberikan arahan semangat di program 4 pilar yang diprogramkan KBA.

Dalam bidang kesehatan, KBA Rungkut Surabaya melakukan kerjasama dengan Kelurahan Siaga. 

Air Minum Biru dan 600 Anggota KSH Edukasi Pentingnya Hidup Sehat

"Kami bekerja sama dengan Kelurahan Siaga dalam hal pendampingan,pelaksanaan kegiatan Posyandu balita dan ibu hamil, serta mitigasi kesehatan lain melalui MMD (Musyawarah Masyarakat Desa/Kelurahannya)," kata Bapak Nawan, koordinator KBA Rungkut Surabaya, setelah dikonfirmasi VIVA Jatim, Minggu, 20 Oktober 2024.

Di Bidang Pendidikan, lanjutnya, ia melakukan himbauan kepada masyarakat untuk melakukan gerakan mematikan TV pada jam 18.00 WIB. Sehingga, pada jam tersebut anak-anak bisa melakukan solat maghrib.

Hadapi Arus Globalisasi, Anggota MPR RI ini Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Gresik

"Karena di lingkungan kami mayoritas penduduknya muslim. Jadi, pada jam tersebut anak-anak bisa melakukan solat magrib dan mengaji, dilanjut dengan belajar pelajaran umum," ucapnya.

Selain kegiatan tersebut, KBA Rungkut juga bekerjasama dengan TBM ( Taman Baca Masyarakat) untuk memberikan tambahan belajar mata pelajaran yang disukai oleh anak anak. Kegiatan ini dilaksanakan pada jam 14.00-15.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
img_title