Ingin Tahu Kenapa Natal Identik dengan Merah-Hijau? Ini Dia Alasannya

Pohon Natal
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Satu kebahagiaan bagi umat Kristiani karena hari ini Perayaan Natal 2022 berlangsung tanpa ada kendala. Momen dimana Yesus Kristus telah lahir ke dunia menurut kepercayaan Kristiani, selalu diperingati di penghujung tahun, 25 Desember 2022. 

Viral Kisah Pria di Sumatera Utara, Pindah Agama gegara Keinginan Terkabul

Tak hanya merayakan Natal di gereja, umat Kristiani juga mempersiapkan segala sesuatu guna menambah kemeriahan momen tersebut. Seperti halnya menghiasi rumah serta halaman dengan dekorasi menarik. Juga dilengkapi dengan berbagai macam hidangan makanan, kue hingga minuman dan dinikmati bersama keluarga dan kolega. 

Dalam mendekorasi rumah, umat Kristiani selalu mendatangkan nuansa warna merah dan hijau. Hingga kedua warna ini pun identik dengan Natal. Lantas kenapa Natal identic dengan warna merah dan hijau? Berikut ini alasannya, dikutip dari Viva Lifestyle. 

Nekat Bobol Gereja Curi Patung Yesus, Pria di Bangkalan Diringkus Polisi

Kedua warna ini sudah berlangsung sejak berabad-abad yang lalu. Orang Celtic kuno memuja tanaman holly berwarna merah dan hijau. Nuansa hijau dihadirkan sebagai maksud agar menjaga bumi tetap indah dan sejuk selama musim dingin yang terasa sunyi. 

Jadi ketika Natal di sejumlah daerah dirayakan sebagai titik balik matahari musim dingin, masyarakat Celtic Kuno mendekorasi rumah mereka dengan holly untuk memberikan perlindungan dan keberuntungan bagi keluarga mereka di tahun yang akan datang. 

Kata Bupati Gresik Kolaborasi Pemkab dan Bamag Berikan Rasa Aman

Tradisi memasang kurma merah dan hijau berlanjut hingga abad ke-14 ketika warna tersebut digunakan untuk mengecat layar rood abad pertengahan, yaitu partisi yang dipasang di gereja untuk memisahkan jemaat dari pendeta dan altar. 

Peneliti dari University of Cambridge, Spike Bucklow berpsekulasi bahwa batas fisik ini dapat memengaruhi orang Victoria untuk mengasosiasikan warna dengan batas yang berbeda, menandai akhir tahun lama dan awal tahun baru saat Natal. 

Halaman Selanjutnya
img_title