5 Kiat Sukses Jaga Kesehatan Mental, Bisa Cegah Stres di Awal Tahun

Ilustrasi bahagia
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Selain kesehatan raga, kesehatan batin juga sangat penting dalam hidup. Sebab sesehat apapun raga, bila tidak ditopang dengan batin yang normal tentu tidak akan berjalan baik. Seyogyanya, kedua aspek ini harus saling diperhatikan agar luar dan dalam bisa memancarkan aura positif dalam setiap melakoni kenyataan hidup. 

Pakar Kesehatan Mental Sarankan Ini ke Sandra Dewi, Biar Tidak Semakin Hancur

Namun tak banyak orang yang peduli dengan kesehatan mental. Bagi mereka, persoalan yang amat serius adalah bila mengalami ganggungan pada kesehatan fisik atau raga. Sedangkan kesehatan mental jarang diperhatikan meski sejatinya bisa mempengaruhi kesehatan raga juga. 

Perlu diketahui, tidaklah cukup sebatas mengupayakan kesehatan raga, melainkan seseorang juga harus berupaya meningkatkan kesehatan mental lebih baik. Untuk bisa melakukannya, seseorang tentu harus bisa membedakan wilayah kesehatan raga dan kesehatan mental. 

Simak Tips Miliki Kulit Cantik Ala Dokter Klinik Kecantikan Delovely Surabaya

Ahli Pengobatan Alternatif dan Psikoterapis, dr Chandi Tugnait menyebut bahwa keduanya, antara kesehatan raga dengan kesehatan mental memiliki wilayah yang berbeda. Ia lantas menyebut bahwa kesehatan mental mengacu kepada kesejahteraan emosional, fisik dan sosial individu. 

“Kesehatan  mental ini mengacu kepada kesejahteraan emosional, fisik dan sosial individu dan merupakan aspek penting dari kesehatan secara keseluruhan. Ini lebih berkaitan dengan fungsi fisiologis sistem saraf dan otak,” katanya seperti dikutip dari laman Viva Lifestyle, Sabtu, 7 Januari 2023. 

Kenali Penyebab Depresi yang Rentan Terjadi Seiring Bertambahnya Usia

Oleh sebab itu, lakukan 5 cara ini agar seseorang dapat memperkaya sekaligus menjaga kesehatan mental: 

Lepaskan Pikiran Negatif

Halaman Selanjutnya
img_title