Wajib Dicoba, Nasi Jagung Sambal Belalang di Mojokerto Bikin Nagih

Nasi Jagung Sambal Belalang
Sumber :
  • Muhammad Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jatim – Jika anda pecinta kuliner unik, anda wajib mencicipi nasi jagung sambal belalang di Mojokerto. Menu makanan sambal belalang ini terbilang cukup terkenal. Rasa gurih nan pedas layaknya kuliner khas pedesaan. Bahkan, bagi penikmatnya, belalang goreng dianggap lezat dan mengandung protein tinggi. 

Mengenal Sejarah Ketupat yang Identik dengan Menu Khas Lebaran

Bisanya nasi jagung disajikan dengan berbagai lauk pauk, seperti urap sayur atau dadar jagung. Namun ini berbeda, nasi jagung ini disantap dengan sambal belalang. 

Sajian kuliner belalang goreng ini menjadi menu andalan di warung sambelan yang berada di dalam rumah  Fatmawati, Dusun Suru Lor, Desa Suru, Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. Perempuan berusia 39 tahun itu menyajikan dua pilihan sambal. Satu memakai ekstra daun kemangi dan satu lagi tidak. Dua-duanya disajikan ke dalam satu cobek. 

Bikin Ngiler, 5 Makanan yang Bisa Dicicipi saat Mudik Lebaran ke Lamongan

Menu makanan sambal belalang racikan Fahmawati ini banyak digandrungi oleh penikmat kuliner yang sengaja datang dari Kota/Kabupaten Mojokerto maupun luar daerah. Bahkan, ada yang rela datang jauh-jauh untuk sekedar memesan sekaligus mencicipi kenikmatannya.

Fahmawati bercerita, ide usaha masakan berbahan baku hewan serangga tersebut tanpa disengaja. Pada tahun 2014 sampai 2015 Awalnya ia hanya ingin memasak sambel belalang untuk keluarganya. 

Soto Ayam Kuah Kuning, Cocok Jadi Hidangan Buka Puasa Kala Hujan

Seiring berjalannya waktu, banyak penikmat kuliner yang minat dan ingin menikmati  olahan belalang. 

"Saya manfaatkan jadi peluang bisnis. Kan dulu banyak di sini belalang," katanya, Rabu, 11 Januari 2023. 

Halaman Selanjutnya
img_title