Ini 7 Manfaat Minyak Jintan Hitam yang Perlu Anda Tahu

Ilustrasi Minyak Jinten Hitam
Ilustrasi Minyak Jinten Hitam
Sumber :
  • IST

Jatim – Minyak jintan hitam atau minyak habbatussauda merupakan hasil ekstraksi biji tanaman Nigella Sativa yang tumbuh subur di wilayah Asia, seperti Pakistan dan Iran. Tanaman ini telah digunakan sebagai obat herbal sejak sekitar 2 ribu tahun silam.

Minyak jintan hitam mengandung berbagai nutrisi. Seperti vitamin A, vitamin E, dan vitamin C, protein, serat, asam amino, zat besi, zinc, fosfor, kalsium, niacin, dan asam folat. Selain itu, minyak jintan hitam juga mengandung fitokimia thymoquinone yang bersifat anti-oksidan.

Tak hanya kaya akan nutrisi dan antioksidan, minyak jintan hitam juga diketahui memiliki sifat anti-peradangan, anti-kanker, anti-mikroba, anti-hipertensi, dan anti-diabetes.

Baca juga: Spot-spot Menakjubkan Melihat Matahari Terbit di Bromo

Dikutip dari situs Alodokter, berkat kandungan nutrisi yang melimpah tersebut, ada banyak manfaat minyak jintan hitam untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Berikut 7 manfaat minyak jintan hitam:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes Tipe 2

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen minyak jintan hitam bermanfaat untuk meningkatan produksi insulin, sehingga menyebabkan penurunan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Manfaat ini didukung oleh sifat anti-diabetes yang dimiliki oleh minyak jintan hitam.

2. Mengatasi Asma

Saat Anda mengalami asma, lapisan pada jalur napas membengkak dan otot-otot di sekitarnya menyempit. Kondisi inilah yang membuat Anda sulit untuk bernapas.

Nah, penelitian menunjukkan bahwa kandungan thymoquinone di dalam minyak jintan hitam bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan mengendurkan otot-otot di jalur napas. Dengan demikian, Anda bisa kembali bernapas dengan lega dan nyaman.

3. Mencegah Kanker

Kandungan thymoquinone di dalam minyak jintan hitam tak hanya baik untuk mengatasi asma, tetapi juga dapat mencegah kanker, seperti kanker paru-paru. Thymoquinone sebagai antioksidan berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel tubuh.

Baca juga: Bila Puting Lecet saat Menyusui, Ini Penjelasan Dokter

4. Meredakan Peradangan

Minyak jintan hitam bersifat antiperadangan, sehingga mampu mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan oleh peradangan, seperti penyakit jantung, penyakit alzheimer, penyakit parkinson, rheumatoid arthritis, dan osteoarthritis. Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak ini dapat digunakan sebagai pereda nyeri.

5. Menurunkan Berat Badan