Jangan Dilarang, Kenali Manfaat Besar Bayi Menangis

Ilustrasi anak menangis
Ilustrasi anak menangis
Sumber :
  • Viva

Jatim – Siapa yang baru tahu jika menangis itu dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Sebagian besar orang mengira jika menangis itu sebagai bentuk kelemahan seseorang. Akan tetapi anggapan tersebut adalah pemikiran yang salah. Menangis, khususnya bagi anak-anak adalah bermanfaat.

Para peneliti menemukan jika menangis dapat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran, serta manfaat ini dimulai sejak lahir dengan tangisan pertama bayi. Ada tiga bentuk tangisan, antara lain refleks, air mata melembab dan air mata emosional.

Air mata refleks keluar karena ada benda yang hinggap di mata atau membersihkan kotoran atau asap serta debu. Air mata yang keluar karena itu untuk memberikan pelumas serta menghindari dari terjadinya infeksi hal itu dinamakan dengan air mata melembabkan.

Sementara air mata emosional memiliki manfaat yang sangat banyak dalam kesehatan. Hal itu kerap terjadi bagi seorang bayi. Viva Jatim akan merangkum manfaat menangis bagi bayi sebagai mana berikut: 

Membantu Menenangkan Diri

Menangis mungkin merupakan salah satu mekanisme terbaik bayi untuk menenangkan diri. Peneliti telah menemukan bahwa menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PNS). PNS membantu tubuh Anda beristirahat dan mencerna. Namun, manfaatnya tidak langsung. Mungkin perlu beberapa menit untuk mengeluarkan air mata sebelum Anda merasakan efek menenangkan dari tangisan.

Ringankan Rasa Sakit

Menangis dalam waktu lama melepaskan oksitosin dan opioid endogen, atau dikenal sebagai endorfin. Bahan kimia yang membuat perasaan nyaman ini dapat membantu meringankan rasa sakit fisik dan emosional. Setelah endorfin dilepaskan, tubuh Anda mungkin memasuki tahap mati rasa. Oksitosin dapat memberi bayi rasa tenang atau sejahtera. Ini adalah contoh lain bagaimana menangis adalah tindakan menenangkan diri.