4 Mobil Daihatsu Akan Diuji Ulang Usai Ditemukan Masalah

Viva Jatim: Logo mobil Daihatsu
Sumber :
  • viva.co.id

JatimDaihatsu baru saja mengumumkan bahwa telah terjadi pelanggaran prosedur saat pengajuan persetujuan uji tabrak samping, untuk empat model kendaraan yang dikembangkan oleh mereka yang ditujukan untuk pasar luar negeri.

Catat Lokasinya! Ford Buka Dealer Pertama di Surabaya

Dalam investigasi yang dilakukan oleh perusahaan, Daihatsu mengkonfirmasi bahwa ada pelanggaran dalam prosedur uji tabrak samping, yakni modifikasi tidak tepat pada bagian dalam pelapis pintu depan kursi. 

Dikutip dari keterangan viva.co.id, Minggu 30 April 2023, perusahaan menyatakan bertanggung jawab atas seluruh proses, mulai dari pengembangan hingga lulus uji sertifikasi yang diperlukan. Termasuk untuk model yang nantinya dipasarkan dengan logo Toyota.

Truk Tangki Gas Terguling di Perbatasan Sidoarjo-Mojokerto, Timpa Mobil Pikap hingga Pemotor

Setelah menemukan pelanggaran ini, perusahaan berlogo ‘D’ itu segera melaporkan dan berkonsultasi dengan otoritas inspeksi dan sertifikasi, dan pengiriman kendaraan ditangguhkan di negara-negara di mana persetujuan telah diberikan setelah berdiskusi dengan Toyota.

Selain itu, Daihatsu melakukan uji ulang di dalam perusahaan dan melaporkannya ke otoritas inspeksi dan sertifikasi. Jika kinerja tabrakan samping memenuhi persyaratan peraturan, pengiriman kendaraan akan dilanjutkan. 

Land Cruiser Tiba-tiba Terbakar, Avanza Nyemplung Sungai di Surabaya

Dalam hal ini, Daihatsu berusaha untuk mengambil tindakan untuk melanjutkan pengiriman kendaraan yang ditangguhkan, sambil menerima bimbingan dari otoritas inspeksi dan sertifikasi.

Saat ini, pelanggan yang menggunakan model-model kendaraan tersebut tidak perlu mengambil tindakan apa pun untuk terus menggunakannya.

Halaman Selanjutnya
img_title