Tips Aman Makan Daging Kurban bagi Tubuh Menurut Ahli Gizi

Daging sapi dan kambing setelah disembelih.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA Jatim – Selepas Hari Raya Idul Adha kemungkinan besar banyak masyarakat memiliki stok daging sapi ataupun kambing melimpah. Namun bagi yang memiliki komorbid kolesterol perlu waspada makan secara berlebihan.

Tak Perlu Panik, Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura

Berikut tips aman dan sehat bagi penikmat olahan daging dari salah satu Ahli Gizi di Tulungagung, May Triska Masitoh STr Gz. Dirinya mengungkapkan untuk menghindari peningkatan kolesterol dan sebagainya bisa di siasati dengan cara pengolahan yang tepat. Misalnya, tidak makan bagian lemak yang terdapat dalam hewan kurban.

"Hindari masakan yang menggunakan santan, minyak seminim mungkin, sedikit gula, sedikit garam. Apabila sangat ingin mengkonsumsi sate, gulai, rendang, boleh asal dalam jumlah sedikit," ungkap May Triska Masitoh saat dihubungi, Jum'at, 30 Juni 2023.

Ahli Gizi Ungkap Cara Bijak Memilih Menu Terbaik saat Sahur dan Buka Puasa

Alumnus Poltekkes Kemenkes Malang ini mewanti-wanti saat mengkonsumi olahan daging, harus diimbangi dengan mengonsumsi jenis makanan yang seimbang. Konsumsi sumber protein dan serat harus seimbang sehingga tidak menyebabkan masalah pada tubuh.

Menurut May, bahan pangan nabati sendiri yang harus dibatasi untuk mengurangi kolesterol adalah santan, karena kandungan lemaknya. Hal itu berlaku untuk seluruh jenis olahan, tidak sebatas daging maupun sumber protein lainnya.

Simak Tips Miliki Kulit Cantik Ala Dokter Klinik Kecantikan Delovely Surabaya

"Konsumsi sayur juga harus memperhatikan jenis pengolahannya sehingga tidak menghilangkan kandungan zat gizi di dalamnya," imbuhnya.

Perempuan yang hobi travelling ini menambahkan olahan daging kambing dan sapi itu memiliki protein tinggi. Akan tetapi banyak orang mengira kalau olahan daging sapi dan kambing dapat meningkatkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Halaman Selanjutnya
img_title