Ragam Khasiat Habbatussauda, Mampu Pelihara Imunitas hingga Stamina

Habbatussauda atau Jintan HItam
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Salah satu obat herbal alami yang masyhur di kalangan masyarakat adalah Habbatussauda atau lebih akrab dikenal Jintan Hitam. Bahan yang satu ini telah terbukti memiliki ragam khasiat, mulai dari memelihara imunitas, peningkatan stamina, penanggulangan peradangan hingga mempercepat penyembuhan luka.

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Seorang Pharmacist and Medical Pharmacologist, Apt. Drs. Victor S. Ringoringo S.E., M.Sc mengatakan bahwa Habbatussauda merupakan bahan herbal dengan spektrum manfaat yang amat besar. Utamanya bagi kesehatan tubuh. Tentu saja dengan mengonsumsi yang tepat.

"Bahan-bahan herbal dan alami adalah bagian integral dari pengobatan tradisional yang telah berkembang sejak lama di Indonesia. Habbatussauda atau Jintan Hitam, khususnya, memiliki spektrum manfaat terluas dalam menjaga kesehatan tubuh secara optimal," kata Victor, dikutip dari VIVA, Selasa, 18 Juli 2023.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Penelitian yang dipublikasikan dalam Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research menunjukkan Habbatussauda berperan sebagai agen antiinflamasi dan antioksidan, termasuk timokuinon dan flavonoid. Senyawa-senyawa ini memperkuat respon imun tubuh dalam melawan penyakit.

"Antioksidan yang terkandung dalam biji Habbatussauda melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit. Selain meningkatkan imunitas, antioksidan juga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker," lanjut Victor.

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Hypertension menemukan bahwa konsumsi rutin ekstrak Habbatussauda dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi ringan. 

Bagi mereka yang mengalami gangguan pencernaan, Habbatussauda juga dapat menjadi solusi. Minyak atsiri yang ada di dalamnya dapat memperbaiki gangguan dalam sistem pencernaan.

Halaman Selanjutnya
img_title