Momen Gubernur Khofifah Bersama Ribuan Nelayan Ikuti Petik Laut di Probolinggo

Gubernur Khofifah mengikuti petik laut di Kraksaan, Probolinggo.
Sumber :
  • Humas Pemprov Jatim

Probolinggo, VIVA Jatim – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatu dengan ribuan nelayan di acara petik laut di Pantai Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Rabu, 2 Agustus 2023. Di momen itu, Khofifah ikut menaiki perahu sebagai penyemangat bagi nelayan setempat dalam melestarikan kearifan lokal.

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

Khofifah mengungkapkan rasa gembiranya atas pelaksanaan petik laut tersebut. Ia mengapresiasi itu karena menurutnya petik laut sangat penting dalam pelestarian kearifan lokal, sekaligus mempererat kekompakan dan suasana guyub rukun di Desa Kalibuntu.

“Semoga semua berseiring dengan rida Allah,” kata Khofifah dalam sambutannya.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Khofifah mengaku menikmati petik laut kali ini. Apalagi, banyak anak usia balita dan remaja yang sudah dikenalkan dengan laut. Hal itu penting karena akan menumbuhkan rasa cinta kepada laut.

“Kalau cinta laut kita tidak akan merusak habitat laut, kita tidak akan buang sampah ke laut, apalagi buang sampah plastik di laut. Kita akan mencintai laut dengan memberikan seluruh habitat yang ada di laut tumbuh dengan baik,” katanya.

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Gubernur Jatim perempuan pertama itu menuturkan, petik laut adalah tradisi yang sudah ada sejak nenek moyang yang memiliki potensi wisata. Buktinya, hampir di setiap penyelenggaraan petik laut selalu dihadiri ribuan masyarakat.

"Ini akan menjadi potensi wisata yang harus di-manage. Saya berdiskusi dengan Pak Kades, memang kita membutuhkan tambahan akses penambatan perahu-perahu,” ujar Khofifah.

Halaman Selanjutnya
img_title