Tahun 2025 Indonesia Bisa Ciptakan Mobil Listrik Sendiri

Ratusan mobil listrik operasiona KTT G20 tiba di Bali.
Sumber :
  • Humas Pelindo 3

Surabaya, VIVA Jatim –Indonesia menjadi negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia, tidak heran jika pemerintah punya ambisi besar menjadi pemain inti dalam ekosistem kendaraan listrik di pasar global, karena nikel sebagai bahan baku utama baterai.

PLN Sediakan SPKLU di Setiap Rest Area Tol, Total Ada 1.299 Unit se-Indonesia

Mengingat baterai menjadi jantung utama dari kendaraan listrik, ada potensi besar Indonesia menciptakan mobil pelahap seterum sendiri. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

"Pada 2025, atau 2026 Indonesia sudah bisa memiliki mobil listrik sendiri yang dibuat oleh anak bangsa," ujar Luhut, dikutip dari 100Kpj, Minggu 17 September 2023.

Sambut Lebaran 2024, PLN Jatim Siagakan 4.782 Personel dan Tambah 47 SPKLU

Terkait nama, atau model mobil listrik nasional itu belum diumumkan lebih lanjut oleh Menko Marves, namun langkah awal pemerintah menggandeng brand mobil asal China, yaitu Geely untuk pengembangan mobil pelahap seterum di dalam negeri.

"Kita sudah berbicara dengan pihak Geely sejak beberapa bulan lalu, dan puncaknya pada dua hari lalu di mana kita menawarkan riset bersama untuk membuat mobil EV di Indonesia," tuturnya.

Chery Luncurkan Mobil Listrik Perdana, Sasar Pembeli di Jatim

Menurutnya rencana kolaborasi tersebut sudah disejutui Presiden Jokowi, sehingga ini menjadi kesempatan besar bagi Indonesia melahirkan kendaraan ramah lingkungan dengan brand sendiri, karena Geely pun menyambut baik.

"Kapan lagi kita punya mobil EV karya Indonesia. Jadi risetnya kita bersama-sama dan kita lakukan lompatan jauh atau leapfrog," kata Purnawirawan Panglima TNI itu.

Halaman Selanjutnya
img_title