Jarang Ada yang Tahu, Mengintip Tempat Perawatan Kereta Api di Surabaya

Balai Yasa Gubeng milik KAI di Surabaya.
Sumber :
  • Humas KAI Daop 8 Surabaya

Surabaya, VIVA Jatim – PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali menyelenggarakan acara Open House Balai Yasa kereta api bagi masyarakat umum di kawasan Gubernu, Kota Surabaya, yang diselenggarakan pada 29 September sampai 1 Oktober 2023. Karena kesempatan langka, masyarakat pun menyerbu Balai Yasa untuk mengetahui secara rinci tempat perawatan kereta api tersebut.

Titik Balik Edukasi Keselamatan Perlintasan Sebidang Kereta di Tulungagung

Kegiatan tersebut bertema ‘Bengkel Sepur Festival’. Itu adalah kegiatan kedua kalinya yang digelar KAI dalam memperkenalkan lingkungan kerjanya yang juga merupakan bengkel perawatan sarana milik KAI. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka HUT ke-78 KAI.

“Open House Balai Yasa ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-78 KAI yang diperingati pada 28 September dengan tema Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, Untuk Indonesia Maju. Kali ini KAI merayakan ulang tahunnya bersama-sama masyarakat melalui kegiatan Open House Balai Yasa,” kata Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.

Hari Kedua Arus Balik, 19.666 Orang Berangkat dari Surabaya Gunakan Kereta Api

Dia menjelaskan, dalam kegiatan ini, KAI mengajak masyarakat untuk dapat melihat langsung seluk-beluk Balai Yasa Kereta Api yang selama ini jarang diakses oleh masyarakat umum. Open House Balai Yasa bertujuan untuk memberikan wadah berinteraksi langsung antara masyarakat dan Balai Yasa Kereta Api.

“Open House Balai Yasa ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-78 KAI yang diperingati pada 28 September dengan tema Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, Untuk Indonesia Maju. Kali ini KAI merayakan ulang tahunnya bersama-sama masyarakat melalui kegiatan Open House Balai Yasa,” kata Luqman Arif.

8 Jalur Perlintasan KA Sebidang di Tulungagung Diusulkan Pembangunan

Dia menerangkan, di Balai Yasa Surabaya Gubeng ini, masyarakat dapat menyaksikan produksi sarana yang telah dihasilkan, mulai dari Kereta Panoramic Gen 2 (Generasi 2), Kereta Makan Pembangkit (MP3), perawatan bagian kereta, serta perawatan-perawatan sarana kereta lainnya.

Dalam pameran ini, pengunjung akan disuguhkan dengan Kereta Panoramic Gen 2 yang terparkir setelah pintu masuk pameran. Kereta Panoramic Gen 2 ini merupakan hasil modifikasi Balai Yasa Surabaya Gubeng dari sarana kereta eksekutif (K1). 

Halaman Selanjutnya
img_title