Kenali Gejala Penyakit Cacar Monyet, dari Demam hingga Kulit Ruam

Ilustrasi penyakit cacar monyet atau Monkeypox
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Penyakit cacar monyet atau yang memiliki nama lain Monkeypox adalah jenis penyakit yang tak bisa dianggap enteng. Sebab penyakit yang jarang terjadi ini disebabkan oleh virus Monkeypox yang merupakan satu keluarga dengan virus variola atau cacar.

Khasiat Gula Merah Ampuh Redakan Sakit Tenggorokan hingga Nyeri Sendi

Mulanya, dikutip dari VIVA, Jumat, 27 Oktober 2023, penyakit cacar monyet pertama kali ditemukan pada monyet di Afrika Tengah dan Barat. Meski begitu, penyakit tersebut dapat menular ke manusia. 

Walaupun kasus manusia terinfeksi Monkeypox jarang terjadi, penting untuk mengenali gejala penyakit ini agar bisa mendeteksi dan mengobati dengan cepat. Berikut adalah lima gejala utama Monkeypox.

Dana Hibah Pilkada Mojokerto Capai 82 Miliar, Lebih Banyak untuk Honor Badan Adhoc

1. Ruam pada Kulit

Gejala pertama dan paling khas dari Monkeypox adalah munculnya ruam pada kulit. Ruam ini biasanya dimulai sebagai bintik-bintik kecil yang kemudian berkembang menjadi benjolan atau lepuhan yang terasa gatal. Ruam dapat muncul di seluruh tubuh, termasuk wajah, lengan, kaki, dan bagian tubuh lainnya. Ruam ini mirip dengan ruam yang muncul pada kasus cacar.

Polisi Ungkap Kronologi Tawuran Maut di Wonokusumo Surabaya

2. Demam dan Sakit Kepala

Demam adalah gejala umum yang muncul pada orang yang terinfeksi Monkeypox. Suhu tubuh yang tinggi sering diikuti oleh sakit kepala yang parah. Peningkatan suhu tubuh dan gejala demam mungkin merupakan tanda bahwa tubuh sedang berjuang melawan infeksi virus Monkeypox.

Halaman Selanjutnya
img_title