5 Tips Ampuh Cegah Insomnia, bikin Kualitas Tidur Lebih Baik!

Ilustrasi Tidur
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Salah satu masalah serius yang sering dihadapi seseorang adalah kesulitan tidur atau insomnia. Masalah yang satu ini dikatakan cukup serius karena bisa mempengaruhi kenormalan aktivitas seseorang. Bahkan kondisi kesehatan pun bisa menurun bila insomnia dibiarkan berlarut-larut.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Namun, dengan adopsi perubahan-perubahan kecil dalam pola hidup sehari-hari, kamu dapat meningkatkan kualitas tidur secara signifikan. Berikut adalah lima cara yang dapat membantu mengatasi insomnia dan tidur lebih nyenyak.

1. Rutin Olahraga Teratur

Cara Ampuh Tetap Sehat meski Banyak Makan Manis dan Berlemak saat Lebaran

Olahraga teratur tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Berolahraga merangsang produksi serotonin, hormon yang dapat membuat kamu merasa lebih rileks dan bahagia.

Hindari berolahraga yang intensif menjelang waktu tidur, tetapi sesi olahraga ringan seperti berjalan kaki atau yoga beberapa jam sebelum tidur dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kemampuan tidur.

3 Jenis Olahraga Ala Rasulullah, Ini Dia Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

2. Buat Rutinitas Tidur yang Konsisten

Membangun rutinitas tidur yang konsisten dapat membantu mengatur jam biologis tubuh kamu. Cobalah untuk pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan. Kamu bisa melakukan aktivitas membaca buku atau mandi air hangat sebelum tidur.

Halaman Selanjutnya
img_title