Peran Penting Perempuan dalam Menjaga Kesehatan Jiwa Keluarga

Ilustrasi Wanita
Sumber :
  • Freepik/Lookstudio

Surabaya, VIVA JatimKesehatan jiwa atau mental dalam keluarga merupakan unsur paling penting. Tak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik yang selama ini seringkali menjadi perhatian banyak kalangan. Meski keduanya amat penting, namun cara menjaga kesehatan fisik dan mental tentu berbeda. 

Perempuan Asal Probolinggo Tewas Disambar Kereta Api di Surabaya

Dikutip dari VIVA, Selasa, 26 Desember 2023, Prof. Tjhin Wiguna mengatakan tidak ada jalan lain untuk menjaga kesehatan jiwa, selain secara terus-menerus melakukan edukasi. Memelihara kesehatan mental tidak sama dengan menangani orang sakit fisik yang bisa dibawa ke rumah sakit, diobati, kemudian sembuh. 

Komunikasi digital bisa tetap menjaga keterhubungan tetapi komunikasi di era digital meninggalkan emosi atau perasaan. “Kita harus memperbanyak pertemuan tatap muka. Lewat zoom bisa tetap bertemu tetapi tidak ada emosional,” ujarnya.

Bahaya Pergaulan Bebas Mengintai Anak, Begini Cara Mencegahnya

Dalam hal pola asuh atau parenting, Tjhin mengungkapkan, tidak ada rumus atau pedoman khusus untuk parenting karena sangat dipengaruhi kultur, kepribadian, latar belakang pendidikan, dan nilai yang dianut.

“Edukasi dan psikoedukasi pada masyarakat harus dilakukan secara luas dan menyeluruh,” ujar Tjhin Wiguna.

3 Srikandi Freeport Berbagi Tips Kerja dan Keluarga saat Peringati Hari Kartini

Sementara itu, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Moeloek, yang juga mantan menteri kesehatan tahun 2014-2019 ini mengatakan perlunya mengedukasi orang tua terkait parenting atau pola asuh. Revolusi teknologi komunikasi membuat perbedaan pola asuh dalam mendidik anak-anak. 

“Kadang-kadang kita harus mengalah supaya dapat mendekati anak-anak, supaya tetap bisa berkomunikasi,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title