Kabar Baik Bagi Nelayan Lamongan, Pantai yang Alami Pendangkalan Bakal Dikeruk

Menhub Budi Karya Sumadi temui nelayan di Lamongan
Sumber :
  • Viva Jatim/Imron Saputra

Lamongan, VIVA Jatim – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berjanji dalam waktu dekat ini akan melakukan pengerukan sungai dan pesisir di pantai Utara Lamongan yang mengalami pendangkalan. 

Menhub, Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Fasilitas Pelayanan Mudik di Terminal Purabaya Sidoarjo

Diketahui wilayah pesisir tepatnya di Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran selama 10 tahun mengalami pendangkalan. Kondisi ini dikeluhkan oleh banyak nelayan karena perahu nelayan sulit untuk bersandar.

Lokasi pendangkalan itu juga sempat dijanjikan oleh presiden Joko Widodo (Jokowi) akan dikeruk saat kunjungan kerjanya di Lamongan beberapa waktu yang lalu.

Baru 35 Persen Kapal Nelayan Prigi Trenggalek yang Kantongi Izin

Dalam pengerukan pesisir pantai Utara Lamongan yang mengalami pendangkalan ini, Kementerian perhubungan akan bekerja sama dengan sejumlah pihak seperti, Pelindo dan Kementerian PUPR.

"Dalam waktu dekat ini, kita akan berkoordinasi dengan PUPR terkait bagaimana penanganan ini. Dan besok kita akan dorong beberapa ponton ke lokasi pengerukan," kata Budi saat menemui sejumlah nelayan di Kabupaten Lamongan, pada Minggu 21 Januari 2024.

Nelayan Enggan Gunakan Jaket Keselamatan saat Melaut karena Ribet

Sementara itu, Ketua Rukun Nelayan  mengaku senang dengan rencana pengerukan pesisir pantai Utara Lamongan. Sebab, selama ini lokasi yang bakal dikeruk mengalami pendangkalan selama 10 tahun lebih.