Waspada, Sering Konsumsi Mi Instan Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Cara sehat masak mi instan
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Kebanyakan orang suka dengan makanan yang tidak ribet proses penyajiannya. Apalagi bila sedang dalam keadaan sibuk atau kondisi tak memungkinkan. Memasak makanan cepat saji adalah solusinya. Seperti mi instan yang banyak disukai kalangan masyarakat. 

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Namun siapa sangka bahwa di balik kemudahan itu, ada bahaya kesehatan yang mengintai bila terlalu sering dikonsumsi. Dikutip dari VIVA, Sabtu, 27 Januari 2024, berikut ini dampak buruk mi instan bagi kesehatan.

Rendahnya Nutrisi

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Mi instan sering kali dianggap sebagai makanan yang kurang bergizi. Meskipun mengandung karbohidrat, lemak, dan garam, mi instan biasanya kekurangan nutrisi penting seperti protein, serat, vitamin, dan mineral. Konsumsi berlebihan tanpa disertai asupan nutrisi yang seimbang dapat menyebabkan kekurangan gizi dan masalah kesehatan jangka panjang.

Tinggi Garam dan Pengawet

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

Mi instan cenderung mengandung tingkat garam yang tinggi. Konsumsi garam berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, mi instan juga mengandung bahan pengawet untuk meningkatkan masa simpannya. Penggunaan bahan pengawet ini dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan jangka panjang dan terkait dengan risiko penyakit tertentu.

Halaman Selanjutnya
img_title