Alasan Kongres XVI GP Ansor Digelar di Atas Kapal Laut

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut)
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim- Kongres XVI Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP) Ansor bakal diselenggarakan di atas Kapal Pelni KM Kelud Jumat, 2 Februari 2024. 

Gerindra Tepis Isu Jokowi Penghalang Pertemuan Prabowo-Megawati

Kabarnya Kongres yang mengusung tema “GP Ansor: Peta Jalan NU Masa Depan” ini akan diikuti oleh 1.700 kader terbaik. Tema tersebut diharapkan bisa mempertebal posisi Ansor di kancah peradaban.

Informasi tersebut disampaikan oleh Ketua Kongres XVI GP Ansor 2024 Addin Jauharuddin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin, 29 Januari 2024.

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

“Tema ini menggambarkan sebuah peta jalan yang mengarah pada pembangunan spiritual, sosial, dan kebangsaan, menjadikan GP Ansor sebagai garda terdepan dalam menjaga identitas keislaman dan kebangsaan Indonesia,” katanya. 

Kongres rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Selanjutnya Kapal Pelni KM Kelud akan bergerak menempuh perjalanan sejauh 210 naval miles menuju Tanjung Emas Semarang.

Presiden Jokowi bakal Hadiri Puncak Peringatan Otda di Surabaya

Addin mengatakan, pemilihan tempat kongres di atas kapal laut ini merupakan pengejawantahan dari wujud bakti GP Ansor dalam menghidupkan warisan leluhur Nusantara yang mashur sebagai Negeri Bahari. 

“Pelaut ulung, pengarung samudra, penempuh gelombang dan badai yang tangguh merupakan sederet sapaan yang karib dengan leluhur bangsa Indonesia. Laut diartikan bukan sebagai pemisah antar pulau, tetapi laut sebagai penyatu komunitas, suku bangsa, ataupun ras yang hidup dalam satu wilayah, yaitu Nusantara,” kata Addin. 

Halaman Selanjutnya
img_title