Mahfud MD Blak-blakan Sebut Ada Upaya Menekan Para Rektor untuk Puji Jokowi 

Cawapres Mahfud MD berikan keterangan saat di Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, Presiden Joko Widodo banjir kritikan dari sejumlah pihak. Utamanya para sivitas akademika di sejumlah kampus besar. Mulai dari UGM, UII, Unair hingga Unesa. Mereka mengkritisi perihal demokrasi buruk yang terjadi. 

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Menyikapi hal itu, Cawapres nomor urut 03, Mahfud MD blak-blakan menyebut bahwa saat ini ada upaya untuk menekan para rektor-rektor di banyak kampus yang belum menyatakan sikap kritis. Mereka diminta untuk memuji Presiden Jokowi.

"Secara bersamaan muncul operasi yang mendekati rektor-rektor yang belum mengemukakan. Mereka diminta untuk menyatakan sikap yang berbeda, untuk mengatakan bahwa Presiden Jokowi baik," jata Mahfud saat berdialog 'Tabrak Prof!' di Yogyakarta, Senin, 5 Februari 2024.

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

Mahfud menuturkan, ada beberapa rektor perguruan tinggi membuat pernyataan seperti yang diminta oleh pihak pelaku ‘operasi’ tersebut. Namun, menurut dia, ada juga rektor yang jelas-jelas menolak. Salah satunya rektor Universitas Soegijapranata di Semarang.

"Dia (rektor) mengatakan diminta untuk menyatakan untuk pemerintahan Jokowi baik, pemilu baik dan lain sebagainya. Nah, itu yang beredar," jelas eks Menko Polhukam tersebut, seperti dikutip dari VIVA, Selasa, 6 Februari 2024.

Kata Jokowi Soal MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar

Bagi Mahfud, adanya dugaan intervensi ke kampus-kampus itu bisa saja terjadi. Namun, untuk mengatakan perguruan tinggi itu takut karena adanya tekanan, tidak juga benar.

Mahfud mengatakan kembali ada sejumlah rektor perguruan tinggi yang belum melakukan deklarasi diminta untuk menyatakan sikap bertolak belakang. Sikap rektor itu nanti akan beda dengan kampus lain yang sudah mengeluarkan petisi kritik pemerintah.

Halaman Selanjutnya
img_title