Tren Elektabilitas Pendukung Pilpres di Jatim, Prabowo-Gibran Berjaya Versi Poltracking

Prabowo-Gibran
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA JatimTren elektabilitas pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengalami peningkatan di wilayah Jawa Timur. Hal ini dikatakan oleh Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR.

Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

Menurut dia, peningkatan ini adanya pergeseran dari pendukung lain kepada Prabowo.

“Tren elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang naik signifikan, membuat basis pemilih ikut bergeser dibandingkan dengan September 2023. Berdasarkan wilayah Algomerasi-Kultural, wilayah Mataraman yang awalnya menjadi basis Ganjar Pranowo bergeser ke Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka,” kata Yuda di Jakarta pada Selasa, 6 Februari 2024. 

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Pada September 2023, kata dia, Pantura dan Arek menjadi wilayah berimbang antara calon Presiden Ganjar Pranowo dan Prabowo. Tetapi, lanjut Yuda, pada Januari 2024 bahwa cenderung kepada pasangan Prabowo-Gibran.

“Sementara wilayah Madura yang awalnya kompetitif antara Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, hingga saat ini masih menjadi wilayah kompetitif antara Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka,” ujarnya.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Sedangkan, lanjut dia, wilayah Tapal Kuda masih menjadi basis Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Pergeseran pemilih di wilayah Algomerasi-Kultural seperti Mataraman, Arek, Pantura dan sebagian Tapal Kuda juga menandakan pergeseran pemilih Joko Widodo (Jokowi) 2019 ke pasangan Prabowo-Gibran.

“Tren elektabilitas calon Presiden-Wakil Presiden di Jawa Timur, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin sempat turun di Juni 2023, dan sedikit mengalami kenaikan bulan September 2023,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
img_title