Bantah Maklumat Dukung Prabowo-Gibran, Ponpes Tebuireng Jombang Tegaskan Netral di Pilpres 2024

Pernyataan sikap Pesantren Tebuireng Jombang di Pilpres 2024
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/ Viva Jatim

Jombang, VIVA Jatim - Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Machfudz atau Gus Kikin menegaskan bersikap netral dalam Pilpres 2024

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

Ini setelah beredar kabar yang menyebut bahwa Ponpes Tebuireng mendukung salah satu pasangan calon (paslon) calon presiden dan wakil presiden.

Dalam pernyataan resminya yang diterima VIVA Jatim, KH Abdul Hakim menyampaikan klarifikasi. Dia menyampaikan, Pesantren Tebuireng dalam posisi netral.

Emil Sebut Rangkaian Pilpres 2024 Final Usai MK Bacakan Putusan

"Pesantren Tebuireng tidak pernah terlibat politik praktis, termasuk memberikan dukungan terbuka dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden," demikian tertulis dalam surat pernyataan yang ditandatangani oleh Pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Machfudz tersebut.

Selain itu, Ponpes Tebuireng juga menyatakan dalam posisi netral dan tidak berpihak dalam Pilpres 2024 untuk menjaga persatuan dan semangat ukhuwah.

Relawan Bocahe Gibran Nusantara: Putusan MK Final, Prabowo-Gibran Sah Secara Konstitusional

Alhasil, Ponpes Tebuireng sekaligus membantah mendukung salah satu paslon, khususnya Prabowo-Gibran. Ponpes Tebuireng menegaskan deklarasi tersebut tidak mewakili sikap lembaga.

"Adanya kegiatan 'pemberian dukungan' terhadap salah satu paslon Pilpres 2024 di acara "Mudzakarah Indonesia Maju" yang diadakan di lokasi parkir KMGD (di luar kawasan Pesantren Tebuireng) tidak mewakili sikap kelembagaan Pesantren Tebuireng, melainkan merupakan sikap personal," demikian isi dari pernyataan sikap tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title