Cek Hasil Survei Capres dan Cawapres Pilihan Warga Muhammadiyah Jelang 14 Februari 2024 Mendatang

Hasil survei capres cawapres warga Muhammadiyah.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/ Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim - PSPS Uhamka bersama Puspolnas UMSurabaya memotret pilihan warga Muhammadiyah dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Alhasil, selisih persentase dukungan warga Muhammadiyah terhadap masing-masing pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tak melebihi 20 persen.

Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

Survei ini dilakukan terhadap 1.220 responden berusia 17 tahun hingga di atas 40 tahun yang tersebar secara proporsional di 35 Pengurus Wilayah Muhammadiyah atau provinsi se-Indonesia. 

Mereka memberikan jawaban berbeda dalam wawancara yang dilakukan secara on call memakai pola kuisioner oleh tim riset.

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

"Kerangka sample atau sampling frame berasal dari masing-masing PDM yang terpilih seluruh PWM di Indonesia," ujar Arin Setiyowati Peneliti Utama Tim Riset Puspolnas UMSurabaya, Jumat, 9 Februari 2024.

Hasilnya, Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka merupakan pasangan yang paling banyak didukung oleh warga Muhammadiyah. Yakni sebanyak 45,4 persen.

Emil Sebut Rangkaian Pilpres 2024 Final Usai MK Bacakan Putusan

Meski sebagai pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang paling banyak didukung oleh warga Muhammadiyah, Arin mengatakan, persentase yang diperoleh pasangan ini tak mengalami perubahan signifikan hingga menjelang lima hari pencoblosan bila dibandingkan dengan hasil survei sebelumnya.

Ia menambahkan, tingginya dukungan warga Muhammadiyah terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo - Gibran berkat kerja ekspansional dan agresivitas para relawan seperti Relawan Bergerak 1912 maupun Relawan Matahari Pagi, yang mendominasi lini media sosial maupun media massa.

Halaman Selanjutnya
img_title