Angin Kencang Robohkan Gapura Perumahan di Perbatasan Sidoarjo - Surabaya

Puing-puing di lokasi robohnya gapura
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/ Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim - Sebuah gapura Perumahan Pondok Tjandra yang berada di perbatasan Waru, Sidoarjo dengan Gunung Anyar, Kota Surabaya, roboh setelah diterjang angin kencang saat hujan deras pada Minggu, 11 Februari 2024, sekitar pukul 15.00 WIB, sore tadi.

Longsor Trenggalek Hantam Rumah, Bikin Dinding Jebol

Kepala Kepolisian Sektor Gunung Anyar Inspektur Satu Irwansyah saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Untungnya kata dia, dalam insiden tidak ada korban jiwa maupun luka-luka.

"Alhamdulillah tidak sampai menimpa orang, tidak ada korban. Alhamdulillah," katanya kepada Viva Jatim.

Danramil 0817/09 Balongpanggang Gresik Pantau 6 Desa Terdampak Banjir Kali Lamong

Ia mengatakan, usai menerima laporan adanya gapura ambruk, pihaknya langsung terjun ke lokasi kejadian. Namun karena lokasinya berada di perbatasan antara Sidoarjo - Surabaya, upaya penanganan dilakukan dengan berkoordinasi bersama Kepolisian Sektor Waru, Tim Rescue Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemerintah Kota Surabaya (BPBD Pemkot Surabaya), pihak Kecamatan dan Kelurahan setempat.

"Jam 17.15 WIB, puing-puing gapura yang roboh sudah dievakuasi oleh petugas gabungan dari petugas kecamatan, kelurahan, BPBD Pemkot Surabaya, Tim Rescue. Kan juga ada kabelnya, dikhawatirkan ada aliran listrik jadi nunggu Tim Rescue. Sudah bersih sekarang," lanjutnya.

Tanggul Sungai di Lamongan Jebol, Ratusan Rumah dan Tambak Terendam Banjir

Gapura yang berada di Jalan Raya Rungkut Menanggal, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya itu memang kondisinya nampak usang. Sehingga ketika hujan deras disertai angin kencang mengguyur kawasan tersebut membuat bangunan perbatasan Sidoarjo - Surabaya itu pun roboh.

Saat proses evakuasi dan pembersihan dilakukan, arus lalu lintas yang menjadi jalan alternatif warga sekitar sempat macet. Namun saat ini kondisinya sudah lancar terkendali.