Pemprov Kalteng Kepincut Strategi Jatim Kendalikan Inflasi

Kunjungan Wagub Kalteng ke Pemprov Jatim
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Surabaya, VIVA Jatim – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo beserta Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kalimantan Tengah melakukan kunjungan ke pemprov Jawa Timur , Surabaya, Kamis 22 Februari 2024. Edy Pratowo disambut langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono di Gedung Negara Grahadi.

Hadiri Rakornas PB 2024, Pj Gubernur Jatim Ajak Tingkatkan Inovasi Teknologi Tanggulangi Bencana

Tujuan kedatangan Wagub Kalimantan Tengah tersebut, TPID Kalteng ingin mempelajari upaya pengendalian inflasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim sesuai dengan target yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri Keuangan RI No. 101/PMK.010/2021 yakni sebesar 2,5 ± 1 persen pada tahun 2024.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), capaian inflasi Jatim pada Januari 2024 sebesar 2,4 persen (y-o-y). Sedangkan Kalteng di bulan yang sama mengalami inflasi sebesar 3,40 persen (y-o-y).

3 Langkah Strategis Bank UMKM Jatim Hadapi Tantangan Bisnis Perbankan

Pj. Gubernur Adhy menyampaikan, angka inflasi di Jawa Timur mencapai 2,4 persen. Tak hanya itu saja, realisasi investasi baik itu Penanaman Modal Asing (PMA) juga meningkat signifikan.

“Capaian inflasi kita sesuai sasaran yakni 2,4 persen. Ini semua berkat kerja keras semua pihak terutama TPID Jatim,” ujarnya.

Lakukan Pencegahan secara Masif, Pj Gubernur Adhy: Angka Perkawinan Anak di Jatim Turun Signifikan

Capaian inflasi ini, lanjut Pj. Gubernur Adhy, tidak terlepas pula dengan penerapan strategi 4K. Antara lain, Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif. 

“Strategi tersebut diimplementasikan dengan menggelar operasi pasar, gerakan ketahanan pangan, memantau stok ketersediaan bahan pangan, dan rutin berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title