Alasan Ansor dan Banser Tolak Pengajian Ustaz Riza Basalamah di Surabaya hingga Ricuh

Mediasi antara jemaah Ustaz Syafiq Riza Basalamah dengan Ansor.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Jemaah Ustaz Syafiq Riza Basalamah gagal menggelar pengajian di Masjid Assalam Purimas Gunung Anyar, Kota Surabaya, Kamis, 22 Februari 2024, malam. Kegiatan batal digelar usai mendapat penolakan dari Gerakan Pemuda Ansor dan Banser setempat. Kericuhan pun sempat terjadi antara kedua pihak.

Minta Nasihat, Ketua TKD KIM Gresik Silaturahmi ke Ketua PCNU

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Gunung Anyar, Asyiqun, mengungkapkan, penolakan disuarakan karena materi yang disampaikan oleh Syafiq Riza Basalamah di setiap pengajian yang diampunya kerap mengandung ujaran kebencian, provokatif, sehingga berpotensi memecah belah pemeluk agama di Tanah Air.

Karena warga tidak ingin terjadi perpecahan di Kampung setempat, maka Ansor pun bergerak menolak pengajian tersebut.

Momen Banser di Trenggalek Periksa Kesehatan Puluhan Emak-emak

"Kita menolak tegas wilayah kami tidak mau dimasuki apa pun dan siapa pun yang bersifat provokatif, bersifat memecah belah serta bersifat mementingkan golongan-golongannya tersendiri," kata Asyiqun kepada VIVA Jatim.

Selama ini, lanjut dia, kehidupan sosial di kampung di kawasan Purimas Gunung Anyar dan sekitarnya berlangsung damai, aman, dan harmonis. Menurut Asyiqun, kondisi damai seperti itu terancam terganggu jika disusupi materi-materi pengajian Syafiq Riza Basalamah.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

"Sangat jelas mereka memecah belah. Mereka mengharam-haramkan, mereka menghina Nahdlatul Ulama, mereka menghina akidah-akidah kita, amaliah-amaliah kita diharamkan," tandas Asyiqun.

Oleh sebab itu, kata Asyiqun, Ansor dan Banser dengan tegas menolak kehadiran Ustaz Riza Basalamah mengisi acara pengajian di wilayah Gunung Anyar dan bahkan di Surabaya.

Halaman Selanjutnya
img_title