Penjelasan GP Ansor Surabaya soal Banser Ricuh dengan Jemaah Ustaz Syafiq Riza Basalamah

Mediasi antara jemaah Ustaz Syafiq Riza Basalamah dengan Ansor.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –  Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Surabaya angkat bicara soal anggota Banser yang ricuh dengan jemaah pengajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Masjid Assalam Purimas Gunung Anyar, Kota Surabaya, Kamis, 22 Februari 2024.

MK Tolak Gugatan Pilpres, Gerindra dan Golkar Jatim Harap Semua Pihak Kembali Bersatu

Sekretaris PC GP Ansor Kota Surabaya, Rizam Syafiq mengatakan bahwa sedari awal pihaknya melalui PAC GP Ansor Gunung Anyar telah melayangkan surat keberatan terhadap ceramah Ustaz Basalamah. Sebab ceramah-ceramahnya dinilai menyerang amaliyah Nahdlatul Ulama (NU).

"Meski kami tahu ceramahnya banyak menyerang amaliyah NU, PAC GP Ansor Gununganyar tidak serta membubarkan begitu saja. Kami tetap memakai adab musyawarah dan tabayun dengan pihak panitia dan yayasan yang menyelenggarakan acara tersebut," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Jumat, 23 Februari 2024.

Momen Banser di Trenggalek Periksa Kesehatan Puluhan Emak-emak

Atas dasar keberatan itu, kemudian pada hari Kamis pagi, 22 Februari 2024, PAC GP Ansor Gununganyar difasilitasi oleh Polsek Gununganyar bermusyawarah. Dihadiri oleh Koramil, Camat Gununganyar, Polsek, Takmir Masjid, Yayasan serta PAC GP Ansor dan Satkoryon Banser Gununganyar.

"Dalam pertemuan tersebut disepakati meniadakan pemateri Syafiq Riza Basalamah untuk menjaga kondusifitas di wilayah Gununganyar," tambahnya.

Terungkap! Wanita Asal Tuban yang Ngaku Dirampok Ternyata Palsu, Modus Investasi Bodong

Kesepakatan itu, menurut Rizam Syafiq didasari oleh kondisi masyarakat Kota Surabaya yang majemuk dan heterogen. Sehingga kehadiran penceramah yang kerap mengatakan sesat dan menyalahkan amaliyah NU harus ditolak demi keamanan bersama.

"Akhirnya disepakati dengan poin tetep melakukan sholat jamaah magrib. Kamipun meminta pihak panitia untuk membuat meme pembatalan kegiatan tersebut. Biar tidak ada pengerahan masa dan jamaah bisa diinfokan," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title