Pernikahan Dini Bisa Merusak Masa Depan, Berikut 6 Dampak Negatifnya

Ilustrasi cincin kawin
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Kehidupan sosial di tengah-tengah masyarakat masih saja diwarnai dengan sebuah realita pernikahan dini. Banyak faktor yang menyebabkan hal demikian terjadi, mulai dari persoalan ekonomi, status sosial hingga tindakan asusila yang mengharuskan pelaku menikahi korban. 

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Padahal, pernikahan adalah langkah serius dalam kehidupan seseorang. Sejatinya, untuk mencapainya perlu melalui berbagai proses dan tahapan yang tak mudah dan beragam. Sehingga bagi pasangan yang sudah matang kedewasaannya, tentu akan membawa kebaikan. 

Namun sebaliknya, pernikahan dini adalah suatu tindakan yang terlalu cepat. Hingga bukan kebaikan yang didapatkan, melainkan hal-hal negatif yang tak diharapkan terjadi. Sebab, pasangan tersebut masih terlalu labil dan dini untuk menghadapi berbagai dinamika rumah tangga. 

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Berikut ini 6 dampak negatif pernikahan dini bagi masa depan seseorang. Dikutip dari VIVA, Kamis, 29 Februari 2024.

1. Kesehatan Fisik dan Psikologi

Gerindra Berharap Usai Putusan MK Kondisi Ekonomi Bangsa Membaik

Pernikahan dini sering terjadi di usia di mana tubuh dan pikiran masih dalam tahap perkembangan. Ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan fisik dan psikologis, termasuk risiko komplikasi kehamilan pada wanita yang belum siap fisik, serta peningkatan risiko gangguan mental seperti depresi dan kecemasan.

2. Pendidikan Terhambat

Halaman Selanjutnya
img_title