Kemendagri Harap Kota Surabaya Jadi Pusat Latihan SDM Damkar

Kemendagri Ingin Surabaya Jadi Pusat Latihan Damkar
Sumber :
  • Nur Faisal/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim- Kepala Sub Direktorat Standardisasi Tata Operasional dan SDM Penanggulangan Kebakaran Kemendagri, Danang Insita Putra menginginkan Kota Surabaya menjadi pusat pelatihan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) di wilayah Indonesia Timur.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Pernyataan itu disampaikan dalam acara Gala Dinner di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Kamis 29 Februari 2024 malam.

"Nanti kalau misalnya memang kita bisa berkolaborasi dengan Pemkot Surabaya dalam hal penguatan SDM, nanti juga bisa kita dorong Kota Surabaya ini, khususnya Dinas Damkar menjadi center pelatihan di Indonesia bagian timur," kata Danang.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Diketahui, Kota Surabaya ditunjuk sebagai tuan rumah peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional. Rangkaian kegiatan tersebut dimulai pada 27 Februari 2024. Sedangkan untuk puncaknya, dilaksanakan pada 1 Maret 2024, di Lapangan Kodam V Brawijaya

Danang mengharapkan, tempat pelatihan petugas DPKP bisa terpusat di sejumlah wilayah Indonesia. Sebab, kata dia, penguatan SDM dan sertifikasi merupakan hal utama yang harus dimiliki para ksatria biru tersebut.

Pemprov Jatim Raih Penghargaan SPM Award 2024, Berkat Tagline CETTAR

"Karena jangan sampai nanti kita menyelamatkan orang tapi malah kita sendiri, teman-teman pemadam kebakaran  tidak mempunyai dasar, tidak memiliki sertifikat, tidak memiliki basic untuk dapat bagaimana kita memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Danang menyebut visi misi Kemendagri ke depan adalah bagaimana menciptakan Dinas Pemadam Kebakaran yang bergengsi. Artinya, bergengsi dalam hal pendanaan, sarana prasarana maupun SDM. Dengan demikian, tujuan utama untuk memberikan penguatan pelayanan yang prima kepada masyarakat dapat tercapai.

Halaman Selanjutnya
img_title