WNA Australia Ditelan Ombak saat Berselancar, Pos SAR Banyuwangi Kerahkan Tim Lakukan Pencarian

Pos SAR Banyuwangi Kerahkan Tim Lakukan Pencarian WNA
Sumber :
  • Nur Faisal/ Viva Jatim

Banyuwangi, VIVA Jatim-Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Australia hilang ditelan ombak saat berselancar di Perairan Grajagan Banyuwangi Senin, 4 Maret 2023 pukul 06.00 WIB.

Kata Shin Tae-yong saat Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia

Akibat tenggelamnya warga negara asing itu, Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya mengerahkan satu tim rescue Pos SAR Banyuwangi untuk melakukan pencarian. 

“Kurang lebih jam 10.55 WIB tadi, tim rescue dari Pos SAR Banyuwangi kita kerahkan dengan membawa peralatan water rescue seperti Rubber Boat dan Mopel untuk lakukan pencarian korban atas nama Henry Gunther” kata Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhamad Hariyadi.

Dipecundangi dengan Skor 1-0, Shin Tae-yong Tetap Puji Permainan Australia

Kronologi kejadian tersebut mulanya 2 WNA asal Australia bernama Gunther dan Christopher serta 1 WNA New Zealand bernama Gregor melakukan surfing di Perairan Grajagan pukul 05.30 WIB. 

Gunther melakukan meluncur ke laut 10 menit lebih awal kemudian disusul oleh Christopher dan Gregor. 15 menit kemudian, kedua orang tersebut melihat papan selancar milik Gunther mengapung dengan kondisi kaki Gunther masih terikat dengan papan surfingnya. 

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

Saat berupaya menolong Gunther menuju tepi pantai, tiba-tiba ada ombak besar yang mengakibatkan tali papan selancar terputus dan Gunther tenggelam. Chris dan Gregor kemudian melaporkan kejadian ini kepada pihak hotel tempat mereka menginap sebelum akhirnya dilaporkan kepada petugas berwenang. 

“Kami, pihak Basarnas Surabaya juga telah berkoordinasi dengan unsur SAR gabungan antara lain Pos AL Grajagan, Polair Banyuwangi, Polsek Grajagan, BPBD Banyuwangi, 851 Banyuwangi, Ambulance RAPI, dan RAPI Situbondo di samping itu pihak kami sudah berkomunikasi dengan Konjen Australia” imbuh Hariyadi.

Halaman Selanjutnya
img_title