Hadapi Cuaca Ekstrem, Pj Gubernur Adhy Pastikan Pemprov dalam Kesiapsiagaan Penuh

Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono saat meninjau banjir.
Sumber :
  • Nur Faishal/Dok. Humas Pemprov Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mersepons cuaca ekstrem yang masih akan berlangsung di Jawa Timur hingga Bulan Maret ini yang berpotensi meningkatkan ancaman bencana hidrometeorologi, baik berupa angin kencang, banjir dan tanah longsor.

Serap Ribuan Tenaga Kerja, Pj Gubernur Jatim Adhy Lakukan Ground Breaking Pabrik KT&G di Pasuruan

Ia mengimbau kepada segenap masyarakat di Jawa Timur untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaannya, utamanya saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

"Sepekan ini, banyak kejadian banjir, angin kencang dan tanah longsor di berbagai daerah. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, agar terhindar dari bencana yang mengancam," pesannya di Gedung Negara Grahadi, Minggu 10 Maret 2024.

Pemprov Jatim Raih Penghargaan SPM Award 2024, Berkat Tagline CETTAR

Pj Gubernur Adhy juga memastikan bahwa segenap Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Jatim dalam kondisi kesiapsiagaan penuh dalam menghadapi potensi hidrometerologi basah yang terjadi di awal tahun 2024 ini.

Seluruh sistem kesiapsiagaan bencana di Jawa Timur, kata Pj. Gubernur Adhy, sudah sangat siap guna mengantisipasi potensi bencana tersebut, baik dalam bentuk peralatan maupun pasukan (personil).

Hadiri Rakornas PB 2024, Pj Gubernur Jatim Ajak Tingkatkan Inovasi Teknologi Tanggulangi Bencana

Berdasar rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak musim penghujan diprediksi terjadi pada Januari - Maret 2024. 

"Merespon prediksi BMKG ini, Pemprov Jatim dengan kesiapsiagaan penuh, seluruh elemennya utama BPBD, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial wajib fast respon dan lakukan langkah antisipasi di masa-masa seperti ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title