Giliran Kota Semarang, Dilanda Banjir dan Tanah Longsor akibat Cuaca Ekstrem

Kota Semarang Dilanda Banjir dan Tanah Longsor
Sumber :
  • BPBD Kota Semarang

Semarang, VIVA JatimBanjir yang disebabkan cuaca ekstrem terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Terbaru, Kota Semarang juga tidak luput dari serangan banjir setelah sebelumnya dilanda hujan dengan intensitas tinggi disertai petir dan angin kencang, Rabu malam, 13 Maret 2024. 

Longsor Ancam 8 Rumah di Mojokerto, Polisi Turun Tangan Bantu Warga

Hasil monitoring satelit klimatologi BMKG per pukul 20.50-23.45 WIB, wilayah dengan dampak cuaca ekstrem ini terpantau meliputi Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, sebagian wilayah Kabupaten Demak dan Kabupaten Grobogan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, Endro Pudyo Martanto, mengatakan bahwa hujan turun di Kota Semarang sejak siang hingga malam hari. 

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

Saat dihubungi tim Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Pusdatinkom) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada pukul 22.35 WIB, Endro mengaku kondisi cuaca masih turun hujan.

“Ya (masih turun hujan-red),” jelas Endro singkat, Rabu (13/3).

8 Kecamatan Terdampak Luapan Banjir Akibat Hujan Deras di Trenggalek

Lebih lanjut, Endro melaporkan sejumlah titik wilayah Kota Semarang terendam banjir dengan tinggi muka air (TMA) antara 15-80 sentimeter (cm). Kondisi banjir juga mengalami tren kenaikan genangan akibat hujan masih berlangsung hingga menjelang tengah malam. 

Adapun rincian wilayah yang terendam banjir meliputi:

Halaman Selanjutnya
img_title