Harga Pangan Terus Melonjak, Ketua Kadin Surabaya Himbau Pengusaha Pqeduli Kebutuhan Masyarakat

Ketua Kadin Surabaya, H.M. Ali Affandi
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishol

Surabaya, VIVA Jatim – Harga berbagai kebutuhan pangan seperti beras dan gula di wilayah Jawa Timur, khususnya Surabaya dalam sebulan terakhir melonjak. Hal ini mengakibatkan tingkat inflasi terkerek cukup tinggi. 

Santapan Lebaran Bikin Naik Kolesterol? 6 Buah ini Bisa Bantu Netralkan Tubuhmu

Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, bahwa pada bulan Februari 2024, laju inflasi kota pahlawan tercatat mencapai 0,45%. Besaran inflasi tersebut jauh lebih tinggi dibanding tahun lalu pada periode sama yang hanya mencapai 0,1%.

Ketua Kadin Surabaya H.M. Ali Affandi menanggapi, jika naiknya harga berbagai kebutuhan tersebut senantiasa terjadi di saat menjelang bulan suci Ramadhan. Hal ini diakibatkan oleh naiknya konsumsi masyarakat di momen tersebut. Sehingga wajar jika terjadi kenaikan harga. 

Umat Islam akan Jalani 2 Kali Ramadan dalam Setahun, Kapan Itu?

"Fenomena ini merupakan hal yang wajar karena masyarakat biasanya menyambut bulan suci dengan berbagai persiapan, termasuk persiapan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Tentunya, peningkatan konsumsi ini juga memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal, terutama bagi para pelaku usaha di Surabaya," ungkap Mas Andi di Surabaya, Kamis 14 Maret 2024.

Namun demikian, mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jatim menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara ibadah dan konsumsi agar tidak melupakan esensi dari bulan Ramadhan itu sendiri.

Buya Yahya: Bagaimana Hukum Puasa Syawal tapi Masih Punya Utang di Ramadan?

Mas Andi juga mengingatkan para pengusaha, khususnya pebisnis muslim untuk lebih peduli terhadap kebutuhan masyarakat yang kurang mampu, terutama di bulan Ramadhan. Ia menyatakan bahwa bulan suci Ramadhan adalah waktu yang penuh berkah dan rahmat bagi umat Muslim untuk meningkatkan ibadah dan kebaikan. Ramadhan bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang meningkatkan spiritualitas dan kepedulian terhadap sesama. 

"Saling berbagi adalah kunci untuk memperkuat kebersamaan dan kepedulian kita terhadap sesama. Saya berharap, seluruh umat Muslim dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh keikhlasan dan kesabaran, serta senantiasa berbuat baik kepada orang lain. Mari kita manfaatkan bulan Ramadhan ini untuk saling berbagi kepada yang membutuhkan," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title