Waduh, Presiden China Marahi PM Kanada di Arena KTT G20

Presiden China X Jinping dan PM Kanada Justin Trudeau di KTT G20.
Sumber :
  • Viva.co.id

Jatim – Banyak momen menarik jadi sorotan selama pelaksanaan KTT G20 di Bali. Salah satunya saat Presiden China Xi Jinping terekam kamera memarahi Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di sela-sela KTT G20, Rabu, 16 November 2022. Video perbincangan tak nyaman keduanya pun viral di media sosial

Tolak Debat Capres Pakai Bahasa Inggris, Anis Matta: Bahasa adalah Identitas

Mengutip dari VIVA pada Kamis, 17 November 2022, Xi melalui seorang penerjemah menegur Trudeau karena bahan obrolan tertutupnya bocor ke media dan tersiar luas ke publik.

 "Itu tidak pantas, dan kami tidak melakukannya dengan cara itu. Kalau ada kesungguhan, kita bisa berkomunikasi dengan baik dengan saling menghormati, kalau tidak nanti hasilnya tidak akan mudah dibicarakan," kata Xi dalam bahasa Mandarin sambil tersenyum. 

Amerika Serikat Desak Xi Jinping Tekan Putin Menarik Pasukannya dari Ukraina 

Ketidaksenangan Xi kemungkinan merujuk pada laporan media bahwa Trudeau mengangkat kekhawatiran serius tentang dugaan spionase dan campur tangan China dalam pemilu Kanada, ketika bertemu dengan Xi pada hari Selasa, 15 November 2022, lalu. 

Untuk diketahui, pertemuan di KTT G20 merupakan pembicaraan pertama keduanya dalam lebih dari tiga tahun. Seorang penerjemah untuk Xi dapat didengar dalam video yang mengatakan kepada Trudeau bahwa, "Semua yang kami diskusikan telah bocor ke surat kabar, itu tidak pantas". 

Mengenal Keris Desa Aeng Tong-tong, Yang  Menjadi Suvenir Event G20

Menanggapi itu, Trudeau menyampaikan bahwa, “Di Kanada kami percaya pada dialog yang bebas dan terbuka dan terus terang, dan itulah yang akan terus kami lakukan. Kami akan terus bekerja sama secara konstruktif, tetapi akan ada hal-hal yang tidak kami setujui."

Namun, sebelum dia selesai berbicara, Xi, yang terlihat sedikit jengkel, memotongnya dan dengan tegas mengatakan, "Buat kondisinya, buat kondisinya, oke?."

Halaman Selanjutnya
img_title