Polda Jatim Targetkan Nol Kecelakaan di Perlintasan Sebidang Kereta Api

Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto
Sumber :
  • Mukhammad Dhofir /Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Imam Sugianto meminta supaya zero accident atau angka nol kecelakaan terwujud di perlintasan sebidang kereta api.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Oleh sebab itu, dirinya menginstruksikan kepada semua Kepala Kepolisian Resort di daerah supaya segera menyusun langkah strategis untuk mewujudkannya.

Imam menyampaikan, perlintasan sebidang kereta api di wilayahnya berjumlah sekitar 1.300-an titik. Dan 700-an titik diantaranya tak berpalang pintu sehingga menjadi ancaman bagi keselamatan masyarakat yang melintasinya.

Polda Jatim Periksa 21 Saksi Kasus TPPU yang Seret Ahli Nuklir UGM

"Tadi saya tegaskan kepada para Kapolres, mudah-mudahan pulang dari sini, Kapolres langsung dengan Bupati dan Forkopimda melakukan rapat koordinasi. Kita minta di perlintasan sebidang itu zero accident," tegas Imam di hadapan awak media, Rabu, 27 Maret 2024.

Menurutnya, langkah dini yang perlu diambil untuk mencegah kecelakaan di perlintasan sebidang kereta api ialah dengan menempatkan petugas jaga.

Polda Jatim Ungkap Kasus Penipuan Senilai Rp11,2 M Berkedok Kerjasama Bisnis

"Kalau perlu bayarin orang, hitung-hitung sedekah untuk menjagain perlintasan kereta sebidang itu yang tidak ada [palang] pintunya. Kasih orang sekitar, dibayarin, suruh jagain kendaraan-kendaraan yang melintas. Mengingatkan terutama kendaraan-kendaraan yang melintas," katanya.

Di kesempatan berbeda, Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Nyono menambahkan, pihaknya turut berusaha mewujudkan zero accident di perlintasan kereta api sebagaimana harapan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur. 

Halaman Selanjutnya
img_title